Kurnia Asri Prasetyorini (2020) English Language Teaching For The Hearing Loss At Sma Inklusif Galuh Handayani: Students’ Learning Strategies And Teacher’s Support Techniques. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (433kB) |
|
Text (ABSTRACT)
2. ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text (TABLE OF CONTENTS)
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (96kB) |
|
Text (CHAPTER I INTRODUCTION)
4. CHAPTER I INTRODUCTION.pdf Download (126kB) |
|
Text (CHAPTER II REVIEW OF RELATED LITERATURE)
5. CHAPTER II REVIEW OF RELATED LITERATURE.pdf Restricted to Registered users only until 11 August 2023. Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (CHAPTER III RESEARCH METHODOLOGY)
6. CHAPTER III RESEARCH METHODOLOGY.pdf Restricted to Registered users only until 11 August 2023. Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (CHAPTER IV FINDINGS AND DISCUSSION)
7. CHAPTER IV FINDINGS AND DISCUSSION.pdf Restricted to Registered users only until 11 August 2023. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (CHAPTER V CONCLUSION AND SUGGESTIONS)
8. CHAPTER V CONCLUSION AND SUGGESTIONS.pdf Restricted to Registered users only until 11 August 2023. Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (REFERENCES)
9. REFERENCES.pdf Download (121kB) |
|
Text (APPENDICES)
10. APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only until 11 August 2023. Download (681kB) | Request a copy |
Abstract
Munculnya kehilangan pendengaran mempengaruhi proses pemerolehan dan pengembangan bahasa, tetapi masih mungkin bagi mereka untuk belajar bahasa asing. Penelitian ini fokus pada strategi pembelajaran bahasa asing yang digunakan oleh siswa yang kehilangan pendengaran dalam pendidikan inklusi menggunakan strategi pembelajaran bahasa oleh Oxford (1990). Kemudian, teori pertimbangan fasilitas pendidikan oleh Hallahan & Kauffman (1991) digunakan untuk menganalisa aktivitas pendukung yang diberikan oleh guru juga dianalisis untuk menjelaskan cara yang sesuai dalam mengajarkan bahasa asing pada siswa yang kehilangan pendengaran dalam pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan Studi Kasus. Data didapatkan dari pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMA Inklusif Galuh Handayani Surabaya sebagai pelopor pengelola pendidikan inklusi di Indonesia. Informan penelitian ini adalah dua siswa yang dikategorikan sebagai Tuli dan sulit dengar kelas XI dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang kehilangan pendengaran menggunakan kedua strategi pembelajaran, yakni strategi pemelajaran langsung dan tidak langsung. Tingkat ketulian mereka tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap pemilihan strategi pembelajaran bahasa asing. Diketahui bahwa masing-masing subjek penelitian memilih strategi belajar berdasarkan kesadaran kebutuhan diri dan kemandirian mereka. Lebih jauh, beberapa teknik pendukung yang dilakukan oleh guru membantu siswa yang kehilangan pendengaran untuk menerima materi lebih mudah dengan menggunakan berbagai macam teknik komunikasi dan materi pembelajaran yang telah disesuaikan seperti penggunaan media audio-visual yang diberi teks.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TIL 02-20 Pra e | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kehilangan Pendengaran, Pendidikan Inklusif, Pengajaran Bahasa Inggris, Strategi Belajar Bahasa, Teknik Dukungan | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General) P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature |
|||||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2020 13:57 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2020 13:57 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97037 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |