Nenny Damayanti Eka Putri (2020) Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Tunagrahita Sedang Kelas IV di SLB Delta Sejahtera Kludan Tanggulangin Sidoarjo: Kajian Psikolinguistik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (Halaman Judul)
1. Halaman Judul .pdf Download (361kB) |
|
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf Download (225kB) |
|
Text (Bab I)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (416kB) |
|
Text (Bab II)
4. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
6. BAB IV TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
7. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 August 2023. Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (Surat Pernyataan Kesediaan Publikasi Karya Ilmiah)
10. SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Tunagrahita Sedang Kelas IV di SLB Delta Sejahtera Kludan Tanggulangin Sidoarjo: Kajian Psikolinguistik”. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kosakata yang diperoleh berdasarkan jenis kata yang diuraikan sesuai bunyi vokal dan konsonannya, serta prefiks atau awalan kata yang dihasilkan oleh anak tunagrahita sedang kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 4 anak tunagrahita sedang kelas IV di SLB Delta Sejahtera. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikolinguistik, pemerolehan bahasa, dan fonologi. Pemerolehan data didapatkan secara langsung melalui observasi lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik rekam, dan juga teknik catat. Kemampuan pemerolehan kosakata anak tunagrahita sedang banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungannya. Anak tunagrahita sedang dapat memperoleh kosakata benda, kosakata kerja, dan kosakata sifat. Akan tetapi, sebagian besar anak tunagrahita sedang memperoleh kosakata benda, karena kosakata benda merupakan kosakata yang digunakan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI 45/20 Put p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | vocabulary acquisition, intellectual disability, sounds of language and psycholinguistics | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics(General) | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Sulistiorini | ||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2020 11:38 | ||||||
Last Modified: | 05 Sep 2020 06:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98168 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |