Kampanye Halal oleh Komunitas Virtual IMAPELA (Ikatan Mahasiswa Peduli Halal) di Instagram

Carine Tyas Cahyanti (2020) Kampanye Halal oleh Komunitas Virtual IMAPELA (Ikatan Mahasiswa Peduli Halal) di Instagram. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1,HALAMANJUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2,ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text (Bab I PENDAHULUAN)
4,BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (bab ii gambaran umum)
5.BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN)
6.BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7.BAB IVPENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Halal, salah satu istilah yang identik dengan Agama Islam sebagai agama dengan pemeluk terbanyak di Indonesia, makin banyak dilekatkan pada produk-produk konsumsi. Bahkan juga pada wisata, jasa keuangan, hingga hijab. Terminologi agama ini seolah digunakan untuk menyasar pasar yang lebih ter-segmen lagi. Walau siapa saja sebenarnya bisa menggunakan produk-produk dengan embelembel terminologi agama tertentu tersebut. Kepedulian masyarakat terhadap konsumsi produk halal juga telah berubah. Kini, banyak bermunculan komunitaskomunitas yang mengkampanyekan halal. Misalnya, IMAPELA (Ikatan Mahasiswa Peduli Halal). Komunitas yang seluruh anggotanya merupakan mahasiswa ini melakukan kampanye halal lewat media sosial, khususnya Instagram. Hal ini yang membuat komunitas ini unik dan menarik untuk dibahas, karena mahasiswa biasanya lekat dengan stereotip rebel dan sekuler, namun komunitas mahasiswa ini berdiri sebagai komunitas mahasiswa yang religius. Maka dari itu, penelitian ini membahas mengenai upaya-upaya kampanye halal yang dilakukan oleh IMAPELA melalui akun Instagram mereka, yaitu @imapela_pusat. Untuk mendapat hasil deskriptif, peneliti menggunakan teknik analisis tekstual yang dikemukakan oleh Alan McKee. Analisis tekstual ini berusaha menginterpretasi makna-makna yang dapat terbentuk dari teks. Teks dalam penelitian ini berupa unggahan-unggahan dari laman Instagram @imapela_pusat yang meliputi gambar atau video, caption, hingga interaksi yang terjadi pada kolom komentar. Penelitian ini menemukan hasil bahwa IMAPELA mengkampanyekan halal dengan mengacu pada 11 Sistem Jaminan Halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI, melegitimasi unggahannya dengan mengutip ayat-ayat al-quran, hadits, maupun fatwa MUI. Selain itu, IMAPELA juga melakukan kegiatan-kegiatan luring seperti sosialisasi halal dan membantu UMKM untuk mendaftarkan produk-produknya untuk disertifikasi halal, yang kemudian dokumentasinya diunggah ke Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K 31-20 Cah k
Uncontrolled Keywords: Kampanye halal, IMAPELA, Instagram, dan komunitas virtual
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Carine Tyas CahyantiNIM071611533042
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNisa Kurnia IllahiatiNIDN0030128401
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Sep 2020 06:11
Last Modified: 01 Sep 2020 06:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item