Ghina Azmita Kamila (2020) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Garansi Produk Elektronik. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (520kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II AKIBAT HUKUM BAGI PELAKU USAHA PRODUK ELEKTRONIK YANG TIDAK MEMBERIKAN GARANSI ATAS PRODUK.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III PENYELESAIAN HUKUM ATAS KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT TIDAK ADANYA GARANSI PRODUK ELEKTRONIK.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf Download (72kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 1 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk menjamin suatu produk tidak cacat dan juga sesuai dengan yang diterima maka hukum perlindungan konsumen tidak dapat lepas dengan masyarakat karena meliputi aturan-aturan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Bukan hanya untuk konsumen saja, namun juga produsen selaku pelaku usaha mempunyai hak dan perlindungan yang sama karena masing-masing memiliki hak dan kewajiban. Namun, ada pelaku usaha yang tidak memberikan jaminan atau garansi atas produk yang dijualnya. Sebagai contoh ketika konsumen membeli produk elektronik lampu tidak ada masa garansi atau jaminan apabila ada kerusakan atau barang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal tersebut juga berlaku pada pembelian produk elektronik lainnya seperti komputer, laptop, televisi dan lain-lain. Sehingga hal tersebut sangat merugikan konsumen karena tidak ada penggantian apabila produk elektronik yang ia beli dari pelaku usaha bermasalah. Perlindungan terhadap konsumen dipandang secara material maupun formal makin terasa sangat penting, mengingat makin lajunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan motor penggerak bagi produktivitas dan efisiensi produsen atas barang atau jasa yang dihasilkannya dalam rangka mencapai sasaran usaha. Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk menganalisa tentang akibat hukum bagi pelaku usaha produk elektronik yang tidak memberikan garansi atas produknya dan juga untuk menganalisa penyelesaian hukum atas kerugian konsumen akibat tidak adanya garansi produk elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis normatif (legal research) yaitu penelitian yang difokuskan untuk menguji penerapan kaidah atau norma-norma dalam hukum positif yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 THB. 08-20 Kam p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Garansi, Produk Elektronik | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1710-1710.5 Electronic funds transfers K Law > K Law (General) |
||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2020 05:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2020 05:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98261 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |