Inovasi Kue Tradisional (Studi Deskriptif Tentang Inovasi Pengolahan Kue Tradisional Di Bintan Lagoon Resort Tanjung Pinang)

Syailla Dhiya Ulhaq (2019) Inovasi Kue Tradisional (Studi Deskriptif Tentang Inovasi Pengolahan Kue Tradisional Di Bintan Lagoon Resort Tanjung Pinang). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (944kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM BINTAN LAGOON RESORT TANJUNG PINANG.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV KESIMPULAN SARAN)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (PEDOMAN WAWANCARA)
9. PEDOMAN WAWANCARA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
28-kesediaan publikasi - syailla dhiya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu departemen yang ada hotel yaitu food and beverage yang memiliki satu bagian lagi di dalamnya, yaitu pastry section. Pastry section sendiri merupakan proses pengolahan yang terdiri dari kue western, modern, hingga tradisional. Seiring berjalannya waktu, saat ini hampir seluruh pastry product selalu menjadi trend dengan kreasi menggunakan aneka bahan tradisional khas Indonesia. Termasuk industri perhotelan yang kini mulai mengembangkan kembali makanan tradisional Indonesia. Dengan kata lain dalam upaya branding kue tradisional tersebut dengan makanan luar lainnya perlu adanya inovasi suatu produk tersebut dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini. Inovasi dapat dilakukan dalam modernisasi suatu bentuk dan jenis kue, pengemasan, keanekaragaman rasa, serta variasi yang ditambahkan tanpa mengurangi nilai-nilai kearifan lokal dari kue tradisional itu sendiri meski dengan inovasi yang sangat kreatif. Bintan Lagoon Resort merupakan salah satu resor terbesar di kawasan Bintan Resorts, dimana pada resor ini memiliki 11 restoran yang pada restoran tersebut mengangkat kue tradisional khas budaya Indonesia di samping makanan asia dan western lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk inovasi seperti apa yang dilakukan oleh pastry section Bintan Lagoon Resort dan mendeskripsikan kendala apa saja yang dialami oleh karyawan pastry section dalam melakukan inovasi produk kue tradisional di Bintan Lagoon Resort. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang dianalisa terlebih dahulu kemudian disusun dan dijelaskan dengan pernyataan tertentu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seorang informan dan mengamati tempat yang diteliti. Proses pengolahan kue tradisional di Bintan Lagoon Resort menggunakan bahan yang mudah di dapatkan. Di samping itu, Chef Pastry tentunya memiliki banyak pertimbangan tersendiri untuk menentukan jenis kue apa yang akan diolah serta inovasi yang berasal dari Chef Pastry itu sendiri berupa standart quality yang kemudian akan di produksi langsung oleh karyawan pastry dengan menggunakan buku resep sebagai pedoman dan proses pengolahan yang tepat. Dalam proses pengolahan terdapat kendala yang dialami oleh pastry section yaitu kurangnya sumber daya manusia yang dibutuhkan khususnya karyawan yang benar-benar ahli dalam bidang pembuatan kue tradisional, serta adanya kesalahan teknis dalam proses pengolahan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.55-20 Ulh i
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Kue Tradisional, Bintan Lagoon Resort, Pastry
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3926-3935 Food processing industries
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Syailla Dhiya UlhaqNIM151711413049
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie ReindrawatiNIDN0007077604
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Dec 2020 07:29
Last Modified: 13 Dec 2020 07:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item