Pengaruh Psikoedukasi Tentang Pengetahuan Adhd Terhadap Kemampuan Guru Dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah Adhd Pada Siswa Dan Keterampilan Intervensi Kelas Di Sekolah Dasar X

Ana Karunia (2014) Pengaruh Psikoedukasi Tentang Pengetahuan Adhd Terhadap Kemampuan Guru Dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah Adhd Pada Siswa Dan Keterampilan Intervensi Kelas Di Sekolah Dasar X. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (688kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (592kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (612kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (612kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kemampuan guru dalam melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan keterampilan intervensi kelas. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan dua kelompok subjek, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru SD Santo Carolus Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Evaluasi Kemampuan Deteksi Dini ADHD dan Evaluasi Keterampilan Intervensi Kelas. Analisis data menggunakan independent sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 for windows untuk mengetahui perbedaan dua buah mean pada dua kelompok sampel yang independen. Hasil penelitian ini adalah psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa (0,000 ≤ 0,05). Penelitian ini juga membuktikan bahwa psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan guru melakukan intervensi kelas (0,000 ≤ 0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah isi psikoedukasi tentang pengetahuan ADHD yang menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan tentang ADHD, peningkatan kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD, dan peningkatkan keterampilan intervensi kelas terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru melakukan deteksi dini masalah ADHD pada siswa dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan intervensi kelas guru sekolah dasar X.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Psikoedukasi, Pengetahuan Tentang ADHD, Deteksi Dini ADHD, Keterampilan Intervensi Kelas, Guru Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ana KaruniaNIM111214153017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIka Yuniar Cahyanti, -NIDN0001067701
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Apr 2021 06:53
Last Modified: 21 Apr 2021 12:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item