Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Melalui Kampanye Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Rumah Sakit Dian Husada Mojokerto

Nevia Artikasari (2020) Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Melalui Kampanye Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Rumah Sakit Dian Husada Mojokerto. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (190kB)
[img] Text (RINGKASAN)
2. RINGKASAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
12. PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran sosial melalui kampanye perilaku hidup bersih dan sehat yang dilakukan oleh Rumah Sakit Dian Husada. Kampanye ini dilakukan dalam program sosialisasi dan paket pengobatan gratis. Analisis dilakukan sesuai dengan teori Andreasen, yang mana komunikasi pemasaran sosial dibagi menjadi 4 tahap, yaitu analisis, perencanaan, eksekusi, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada karyawan RSDH dan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut. Hasil penelitian pada tahap analisis, RSDH melakukan social mapping pada usia, asal pasien, dan penyakit untuk mengetahui permasalahan masyarakat sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pada tahap perencanaan, RSDH melakukan perencanaan berdasarkan 7 poin bauran pemasaran menurut Kotler yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Presentation, dan Process. Pada tahap eksekusi, RSDH melakukan program sosialisasi dan pengobatan gratis ke lima kecamatan dengan materi yang berbeda, diantaranya Trowulan (Demam Berdarah), Mojoagung (Diabetes Melitus), Jatirejo (Basic Life Support), Sooko (Profil sebagai Green Hospital), dan Puri (Alur Masuk dan Keluar Rumah Sakit). Namun, hanya dua Kecamatan yang materinya sesuai dengan mayoritas penyakit yang diderita. Sementara itu pada tahap evaluasi, tim humas dan pemasaran RSDH melakukan evaluasi triwulan. Evaluasi yang dilakukan terhadap program komunikasi pemasaran sosial yang sudah dijalankan di antaranya berkaitan dengan anggaran yang terlalu sedikit dan personil yang kurang kredibel sehingga kurangnya data base yang dikumpulkan tidak digunakan secara maksimal dalam tahap eksekusi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TSK.01-21 Art s
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Sosial, Kampanye PHBS, Sosialisasi, Rumah Sakit.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Nevia ArtikasariNIM071614853009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, -NIDN0030097202
Thesis advisorJudy Djoko Wahjono Tjahjo, --
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:28
Last Modified: 20 Apr 2021 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105887
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item