Nurrindah Maya Savira (2011) Pengasuhan Orangtua Pada Siswa Smp Akselerasi Yang Masuk Dengan Rekomendasi Dipertimbangkan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (634kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf Download (591kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 20 April 2024. Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 21 April 2024. Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 21 April 2024. Download (884kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 21 April 2024. Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 21 April 2024. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengasuhan orangtua pada siswa SMP akselerasi yang masuk dengan rekomendasi dipertimbangkan. Program akselerasi merupakan gabungan antara program percepatan dengan pengayaan untuk siswa cerdas istimewa. Hal ini membuat siswa yang masuk dengan rekomendasi dipertimbangkan tersebut harus berjuang lebih ekstra dalam proses pembelajaran untuk dapat tetap bertahan di kelas akselerasi tanpa tertekan, sehingga dapat meraih prestasi akademik yang maksimal. Untuk itulah peran keluarga menjadi faktor penting dalam mendukung siswa akselerasi, khususnya bagi siswa dengan rekomendasi dipertimbangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dimana peneliti berusaha memfokuskan penelitiannya pada kasus khusus yang terjadi pada subyek. Subyek ditentukan secara purposif dimana subyek adalah orangtua dan anak akselerasi yang terdaftar pada SMP dengan program akselerasi serta didukung dengan keterangan dari saudara kandung subyek sebagai significant others yang mengetahui kehidupan sehari-hari subyek. Proses pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara pada siswa akselerasi, orangtua dan saudara kandung dari subyek serta dokumentasi yang terkait. Teknik analisa menggunakan analisis kasus, dengan mengubah data kasus yaitu data wawancara menjadi kajian kasus tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan orangtua yang tepat pada siswa SMP akselerasi dengan rekomendasi dipertimbangkan adalah pengasuhan yang di dalamnya terdapat unsur dukungan dan kontrol yang dilakukan orangtua pada anak serta pengasuhan yang dapat menciptakan kedekatan emosional antara orangtua dan anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengasuhan, siswa akselerasi, pendidikan | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 06:19 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 06:19 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105923 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |