Deasy Christia Sera (2014) Efektifitas Peer-Assisted Learning Srategies (Pals) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelas III Sekolah Dasar. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (908kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (626kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (618kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (717kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (831kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Peer- Assisted Learning Srategies (PALS) dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelas III Sekolah Dasar. Membaca merupakan proses berbagai segi dimana pembaca harus mampu membaca kata-kata yang ada pada bacaan dengan kelancaran dan akurasi dan membangun makna yang lebih tinggi, hal ini sesuai dengan pendapat Lyons dalam Halberstan (2008). Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar. PALS (Peer Assisted Learning Strategies) adalah metode pengajaran yang tidak mengikut sertakan guru dalam prosesnya. Dalam pembelajaran dibantu oleh rekan yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental dan desain pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 4 siswa kelas III yang dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala Informal Reading Inventroy (IRI). Uji validitas pada Informal Reading Inventroy (IRI) berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert). Uji reliabilitas pemahaman membaca menggunakan Cronbach's Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian metode PALS (Peer Assisted Learning Strategies) tidak memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dinyatakan dengan hasil uji Mann Whitney pada kelancaran membaca dengan nilai signifikansi adalah 0.121 > 0.05, pada pemahaman membaca nilai signifikansi adalah 0.221 > 0.05.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, PALS (Peer Assisted Learning Strategies), Siswa Kelas III Sekolah Dasar. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:14 | ||||||
Last Modified: | 21 Apr 2021 13:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105924 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |