Hubungan Antara Motivasi Menjalani Pekerjaan Sampingan dan Komitmen Organisasi dengan Kinerja pada Karyawan Universitas Airlangga Surabaya

Tiin Nailufar (2012) Hubungan Antara Motivasi Menjalani Pekerjaan Sampingan dan Komitmen Organisasi dengan Kinerja pada Karyawan Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN SAMPUL)
1. HALAMAN SAMPUL .pdf

Download (711kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (580kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (646kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (968kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan antara motivasi menjalani pekerjaan sampingan dengan kinerja pada karyawan Universitas Airlangga Surabaya dan hubungan antara komitmen organisasi dengan kinerja pada karyawan Universitas Airlangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif, yang bertujuan untuk melihat hubungan variabel bebas dan tergantung dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Kinerja merupakan prestasi yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya atau pekerjaannya sesuai dengan standar dan kriteria yang ditetapkan. Komitmen organisasi merupakan keyakinan individu terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi kerja, untuk tetap menjadi bagian dari organisasi. Motivasi menjalani pekerjaan sampingan merupakan tentang faktor-faktor yang menentukan ketidakpuasan dan kepuasan dalam kerja, sehingga timbul aktivitas yang dilakukan diwaktu luang diluar pekerjaan pokok sebagai kegiatan yang disukai dan dapat memberi kepuasan bagi individu yang bersangkutan. Penelitian dilakukan di Universitas Airlangga tepatnya di Fakultas Ekonomi dn Bisnis, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jumlah karyawan yang digunakan sebagai subjek penelitian sebanyak 46 orang yang terdiri dari FEB 14 orang, Farmasi 22 orang, dan Fisip 10 orang yang mempunyai pekerjaan sampingan. Alat pengumpul data berupa kuesioner motivasi menjalani pekerjaan sampingan, komitmen organisasi yang diadaptasi dari penelitian Allen dan Meyer yang terdiri dari 24 aitem, dan kuesioner kinerja dari Schmitt dan Chan yang telah diadaptasi dari Agung Hery Nugroho. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Spearman –Rho dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Dari hasil analisis data penelitian pertama diperoleh nilai korelasi antara motivasi menjalani pekerjaan sampingan dengan kinerja sebesar r = 0,832 dengan p > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat adanya korelasi atau tidak signifikan antara motivasi menjalani pekerjaan sampingan dengan kinerja. Sedangkan hasil analisis data penelitian kedua diperoleh nilai korelasi antara komitmen organisasi dengan kinerja sebesar r = 0,260 dengan p < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan namun lemah antara komitmen organisasi dengan kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pekerjaan sampingan, komitmen organisasi, kinerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Tiin NailufarNIM110710034
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy SuhariadiNIDN0017016602
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:41
Last Modified: 22 Apr 2021 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item