Hubungan Modal Psikologi Dengan Intensi Kewirausahaan Pada Mahasiswa

Resti Laily Nadliroh (2015) Hubungan Modal Psikologi Dengan Intensi Kewirausahaan Pada Mahasiswa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (671kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (658kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (863kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara modal psikologis dengan intensi kewirausahaan pada mahasiswa. intensi kewirausahaan merupakan keinginan dan niatan untuk mulai merljalankan suatu usaha dan kesiapan untuk membangun suatu usaha (Linan, dU., 2008). Intensi kewirausahaan memiliki tiga dimensi yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Sedangkan, modal psikologis adalah keadaan perkembangan psikologis individu yang positif, dicirikan dengan adanya efikasi diri, optimisme harapan dan resiliensi (Luthans, dkk., 2007). Subjek penelitian dikumpulan dengan metode accidental sampling dan menggunakan survei online pada mahasiswa aktifD3 dan S1 angkatan 2011-2014 Universitas Airlangga. Variabel modal psikologis diukur menggunakan Psychological Capital Questionnaire (PCQ) yang dikembangkan oleh F. Luthans, B. J. Avolio dan J. B Avey. Sedangkan variabel intensi kewirausahaan diukur dengan Entrepreneurial Intention Questionnaire (EIQ) yang dikembangkan oleh F. Linan, A. Battistelli dan J.A. Moriano. Kedua variabel ini diujikan pada 376 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Airlangga. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan antara modal psikologis dengan intensi kewirausahaan pada mahasiswa dengan koefisien signifikasi sebesar 0,000 dan koefisien kore/asi sebesar 0,581. Artinya semakin tinggi modal psikologis mahasiswa akan diikuti pula kenaikan intensi kewirausahaan. Modal psikologis merljelaskan 33,7% varians dari intensi kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modal Psikologis, Intensi Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Resti Laily NadlirohNIM111111083
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, -NIDN0008036803
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:31
Last Modified: 27 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item