Trifosa Satya Wonopuspito (2014) Perkembangan Kreativitas Dalam Menulis Berbahasa Inggris Pada Roleplayer. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (1MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (637kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (671kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 27 April 2024. Download (906kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 27 April 2024. Download (698kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 27 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 27 April 2024. Download (639kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (641kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until April 2024. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran perkembangan kreativitas menulis berbahasa Inggris roleplayer. Roleplayer adalah pemain roleplay, yaitu suatu permainan internasional online dengan konsep bermain peran (Make-Believe) menggunakan tulisan berbahasa Inggris sebagai bentuk interaksinya. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis, untuk mempelajari teks hasil tulisan roleplayer. Subyek penelitian ini adalah empat orang roleplayer berkewarganegaraan Indonesia yang sedang atau pernah aktif memainkan roleplay. Hasil tulisan mereka dianalisis menggunakan empat aspek kunci kreativitas Guilford. Empat aspek tersebut adalah aspek kelancaran, kelenturan, originalitas (keunikan) dan elaborasi (detail). Pada kreativitas menulis, keempat aspek tersebut diamati pada penggunaan katanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awalnya roleplayer hanya mampu menulis pendek dengan sedikit kata, namun selama bermain roleplayer semakin lancar memunculkan kata dan semakin mampu menulis lebih panjang. Kosakata roleplayer akan semakin banyak dan beragam, namun apabila roleplayer cenderung banyak mengulang kata yang sama maka porsi kata berbeda yang digunakan dapat berkurang. Roleplayer akan mengembangkan kemampuan mendeskripsikan cerita secara mendetail. Selain itu setiap roleplayer akan mengembangkan ciri khas sebagai keunikan tulisannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi Won p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | creativity, guilford, fluency, flexibility, originality, elaboration, writing creativity, writing, english writing, english, roleplay, roleplayer, text, content analysis | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2021 08:02 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2021 08:02 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106282 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |