Prima Aulia (2012) Efektifitas Terapi Kelompok untuk Mengurangi Stres pada Anak Didik Pemasyarakatan yang Akan Kembali ke Masyarakat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Blitar, Jawa Timur. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (668kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (725kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (717kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (778kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA dan KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (611kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi kelompok untuk mengurangi stres pada Anak Didik Pemasyarakatan yang akan kembali ke masyarakat di lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Anak Blitar, Jawa Timur. Penelitian ini melibatkan 10 orang Anak Didik Pemasyarakatan sebagai subjek penelitian, dimana lima orang masuk dalam kelompok eksperimen dan lima orang lainnya masuk dalam kelompok kontrol, pemilihan subjek penelitian dan penempatannya kedalam kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak. Desain penelitian ini adalah pretest postest group control. Pengumpulan data menggunakan Perceived Stress Scale (Cohen, dkk., 1983). Profesional judgement digunakan untuk menguji validitas isi sedangkan teknik Alpha Cronbach digunakan untuk menguji reliabiltas. Perceived Stress Scale terdiri dari 14 aitem dengan koefisien alpha sebesar (α) 0,72. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik T-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows yang menunjukan taraf signifikansi sebesar 0,006. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam penurunan stres antara Anak Didik Pemasyarakatan yang mengikuti terapi kelompok dengan Anak Didik Pemasyarakatan yang tidak mengikuti terapi kelompok. Pengaruh besarnya (effect size) terapi kelompok untuk mengurangi stres pada Anak Didik Pemasyarakatan diuji dengan teknik Cohen’s d dan didapatkan hasil sebesar 0,81. Hal ini menunjukan bahwa terapi kelompok efektif untuk mengurangi stres pada Anak Didik Pemasyarakatan yang akan kembali ke masyarakat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Blitar, Jawa Timur. Efektifitas terapi kelompok juga dapat dilihat dari nilai gain score yang menyatakan bahwa 3 orang atau 60% anggota kelompok eksperimen mengalami penurunan skor dan tingkat stres dan 2 orang atau 40% mengalami penurunan skor stres, sedangkan pada kelompok kontrol 2 orang anggotanya atau 40 % meningkat skor stresnya dan 1 orang atau 20% mengalami kenaikan tingkat stresnya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Therapy, Stress and Protégé of Prisons. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV8301-9920.7 Penology. Prisons. Corrections |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2021 06:13 | ||||||
Last Modified: | 30 Apr 2021 06:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106446 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |