Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Hubungan Interpersonal pada Remaja

Mas Fatimatus Zahroh (2013) Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Hubungan Interpersonal pada Remaja. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (812kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (676kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (670kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pelatihan keterampilan sosial untuk meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal remaja. Kemampan menjalin hubungan interpersonal yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk membina hubungan dengan orang lain secara efektif yang terdiri atas kemampuan terbuka, mampu percaya, mampu komunikasi yang efektif, mampu memberi respon dan mendengarkan dan mampu menyelesaikan konflik interpersonal. Penelitian dilakukan pada anak sekolah menengah atas kelas x dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 12 orang, yang diperoleh melalui penyaringan dari 192 orang, diperoleh 64 orang sebagai populasi. Dari jumlah populasi, dibagi menjadi 2 kelompok terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol masingmasing terdiri dari 32 orang. Seluruh kelompok eksperimen diberi informed concern, yang bersedia mengikuti pelatihan sebanyak 18 orang. Namun pada hari pertama siswa yang datang sebanyak 16 orang dan pada hari kedua jumlah siswa yang datang sebanyak 13 orang, tetapi peneliti hanya bisa mengolah data dari 12 orang peserta karena ada satu orang peserta tidak pada hari pertama pelatihan. Alat pengumpulan data berupa kemampuan menjalin hubungan interpersonal dengan jumlah 35 butir. Analisis data menggunakan dengan teknik Uji T-test, dengan bantuan program SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian nilai Sig (0,001) lebih kecil dari pada tingkat α yang digunakan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya kedua kelompok memiliki varian yang berbeda. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial efektif meningkatkan kemampuan menjalin hubungan interpersonal remaja. Keterampilan sosial sangat penting dalam mendukung seseorang memiliki kemampuan menjalin hubungan interpersonal. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan menjalin hubungan interpersonal harus memiliki keterampilan sosial. Dengan memiliki keterampilan sosial seseorang dapat memberikan respon yang tepat sesuai dengan situasi sehingga hubungan tersebut dapat terjalin secara positif dan mencapai tujuan dalam berinteraksi sehingga mereka mampu menyelesaikan diri dengan lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Social Skill Training, The Ability of Establishing Interpersonal Relationship.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Mas Fatimatus ZahrohNIM111041047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri AndrianiNIDN0019117103
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 May 2021 07:05
Last Modified: 02 May 2021 07:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item