Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran Teacher Centered Dan Student Centered Dengan Proses Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

Inda Nurfarida (2011) Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran Teacher Centered Dan Student Centered Dengan Proses Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

2011. xvii + 84 halaman, 61 lampiran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah ada hubungan antara pendekatan pembelajaran teacher centered dan student centered dengan proses belajar pada siswa Sekolah Dasar. Pendekatan pembelajaran yang dimaksud adalah pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada guru atau teacher centered dan yang berorientasi pada siswa atau student centered. Proses belajar adalah sebuah proses yang menggambarkan bagaimana siswa menerapkan pendekatan belajar surface atau deep dalam menyelesaikan tugas sekolah dipengaruhi oleh faktor-faktor personal siswa dan situasional serta dapat diukur melalui performansi siswa yang terjadi dalam konteks sekolah. Penelitian dilakukan pada siswa di dua Sekolah Dasar dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 332 orang yang terdiri atas 190 siswa dari Sekolah Dasar dengan pendekatan pembelajaran teacher centered dan 142 siswa dari Sekolah Dasar dengan pendekatan pembelajaran student centered. Alat pengumpul data berupa kuisioner pendekatan pembelajaran yang terdiri dari 20 butir dan Skala Sikap Proses Belajar yang terdiri dari 20 butir dan dikembangkan oleh penulis dari R-SPQ-2F. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik nonparametrik yaitu menggunakan Chi-Squre Test, dengan bantuan program statistik SPSS 16 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi proses belajar dengan pendekatan teacher centered dan student centered sebesar 0,000 dan nilai Phi sebesar 0,781. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pendekatan pembelajaran teacher centered dan student centered dengan proses belajar pada siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses belajar, pendekatan pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Inda NurfaridaNIM110710053
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAryani Tri Wrastari, -NIDN0024048101
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 May 2021 04:43
Last Modified: 04 May 2021 04:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106634
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item