Ana Yuliani (2014) Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (861kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (641kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (645kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (669kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (657kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi mengembangkan kecerdasan emosi siswa dalam penerapan pendidikan karakter di SMART Ekselensia Indonesia. Sekolah merupakan bagian penting dalam proses pendidikan Sumber Daya Manusia. Di Indonesia, pendidikan yang bernuansa meningkatkan kecerdasan siswa secara emosi belum menjadi perhatian utama. Kecerdasan emosi adalah kecakapan emosi yang diperoleh dari hasil belajar dan berdampak pada kinerja menonjol dalam pekerjaan maupun akademis (Goleman, 2005). Kecerdasan emosi pun dapat dilatih melalui pendidikan, maka penting untuk memahami strategi dalam mengembangkan kecerdasan emosi. Terutama di lingkungan sekolah dengan program akselerasi dan berasrama bagi siswa berstatus sosial ekonomi rendah yang berasal dari daerah terbelakang. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMART Ekselensia Indonesia dengan 8 informan kunci, yakni 6 pengelola sekolah (guru, pembina asrama, kepala sekolah, staf HRD), 1 orang siswa, dan 1 orangtua siswa. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi data dokumen tertulis dan visual. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik untuk wawancara, dan studi dokumen. Observasi ditulis dalam bentuk naratif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat enam strategi yang diterapkan di SMART Ekselensia Indonesia. Ke enam strategi yang nampak di SMART Ekselensia Indonesia diberi nama sebagai berikut: 1) Strategi Integratif SAR; 2) Strategi Berkelanjutan Berbasis Proses; 3) Strategi Introspektif-Evaluatif; 4) Strategi Partisipatif – Empatik; 5) Strategi Prestatif – Produktif; dan 6) Strategi Solutif – Sosial Masyarakat. Strategi pada ranah sekolah dan asrama ternyata tidak bisa untuk saling dipisahkan. Ke enam strategi saling terintegrasi dan komprehensif antara satu sama lain. Strategi yang dilaksanakan di sekolah akan diperkuat pelaksanaannya saat di asrama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosi, sekolah berasrama, akselerasi, SMART Ekselensia Indonesia | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 17:17 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 17:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106738 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |