Dwi Nikmah Puspitasari (2013) Pelatihan Keterampilan Sosial (Social Skill Training) Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Anak Yang Berada Di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (649kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (604kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (610kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (654kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 5 May 2024. Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE EPNELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 May 2024. Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 May 2024. Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 May 2024. Download (600kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (617kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 May 2024. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pelatihan keterampilan sosial ini bertujuan untuk menurunkan atau mengurangi perilaku agresif anak yang berada di UPTD Kampung Anak Negeri. Masalah perilaku pada anak bisa dilihat dari kesalahan dalam belajar untuk mengontrol perilaku diri sendiri dan bagaimana menyesuaikan dengan norma- norma sosial, sedangkan pelatihan keterampilan sosial digunakan sebagai upaya yang bertujuan memberikan wawasan dan melatih bagaimana anak berinteraksi dengan orang lain dengan cara memberikan respon positif dan menghindari respon negatif, sehingga dapat diterima orang lain maupun lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 11 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala perilaku agresi yang merupakan bentuk terjemahan dari Aggression Questionnaire Western Psychological Services (WPS) Test Report dengan nilai r=0,730, dan modul pelatihan keterampilan sosial yang merupakan bentuk terjemahan dari Social Skills Training for Adolescents with General Moderate Learning Difficulties. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial belum efektif untuk menurunkan perilaku agresif anak yang berada di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya, hal ini dibuktikan dengan uji statistik yang dinyatakan dengan hasil uji-t dengan nilai t=-1000, p>0,05. Ketidakefektifan ini bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya dimensi peer relationship skills, self management skills, academic skills dan hambatan yang terjadi selama pelatihan berlangsung.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan keterampilan sosial, perilaku agresif, UPTD Kampung Anak Negeri. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | indah rachma cahyani | ||||||
Date Deposited: | 05 May 2021 14:11 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2021 14:11 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106789 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |