Identifikasi Masaiah Belajar Mahasiswa Tugas Belajar (Program B)

Asfian, - (2002) Identifikasi Masaiah Belajar Mahasiswa Tugas Belajar (Program B). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (328kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah belajar akan menimbulkan dampak pada proses pembelajaranterutama dalam pencapaian tujuan. Diantara dampak yang ada adalah timbulnya putussekolah dan tidak lulus. Hal tersebut akan mempengaruhi kondisi psikologismahasiswa, dimana mahasiswa cenderung mengalami kecemasan, frustasi, gangguanemosi dan lain sebagainya. Jika masalah belajar teijadi pada mahasiswa PSIK, makaharuslah mendapat perhatian yang serius dan perlu diidentifikasi serta dicarikansolusinya. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah pengajaran Remedial,sehingga tujuan untuk membentuk perawat profesional dapat terwujud.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang nyata tentangfaktor-faktor yang mempengaruhi masalah belajar mahasiswa PSIK FK UNAIRSurabaya Program B.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cross Cectional, dimanapopulasinya adalah semua mahasiswa PSIK FK UNAIR Program B angkatan II danIII, jumlah sampel sebanyak 124 orang yang diambil sesuai kriteria inklusi danmenggunakan tehnik random sampling dengan cara simple random sampling.Variabel independen meliputi faktor usia, asal daerah, status perkawinan dan statusbelajar. Sedangkan variabel dependen adalah masalah belajar metode pengumpulandata menggunakan kuesioner terstruktur dan selajutnya dianalisa dengan uji statistikchi square dengan tingkat signifikansi p ~ 0,05.Hasil penelitian : faktor usia, asal daerah dan status belajar tidak adahubungan yang signifikan dengan masalah belajar dengan tingkat kemaknaan faktorusia: p = 0,763, faktor asal daerah : p = 0,763 dan faktor status belajar : p = 0,753berarti Ho diterima. Sedangkan untuk faktor status perkawinan ada hubungan denganmasalah belajar, dengan tingkat signifikan p = 0,054. Yang berarti H0 ditolak dan H1diterima.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masalah belajar tidak adahubungannya dengan faktor usia, asal daerah dan status belajar dan ada hubungannyadengan status perkawinan.Untuk penyempurnaan penelitian ini lebih lanjut diperlukan identifikasifaktor-faktor lain yang mempengaruhi masalah belajar dan pengembangan alat ukur.KATA KUNCI : Masalah belajar, Faktor usia, Asal daerah, Statusperkawinan, Status belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masalah belajar, Faktor usia, Asal daerah, Statusperkawinan, Status belajar.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Asfian, -NIM019930157
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam M. Nurs, -NIDN0025126601
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:26
Last Modified: 20 Mar 2024 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item