Optimalisasi Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Untuk Memperkuat Fasilitas Kesehatan Publik Guna Mengurangi Aki PadaPuskesmas Mulyorejo

I Made Arga Swarsa (2015) Optimalisasi Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Untuk Memperkuat Fasilitas Kesehatan Publik Guna Mengurangi Aki PadaPuskesmas Mulyorejo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
278.gdlhub-gdl-s1-2015-swarsaimad-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (581kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (654kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2023.

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN DATAANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2023.

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2023.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2023.

Download (302kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Program BPJS merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat fasilitas kesehatan publik guna mengurangi jumlah AKI sesuai dengan target MDGS. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian mengenai peran BPJS yang merupakan sebuah badan organisasi bentukan pemerintah sendiri. Hal ini merujuk pada hasil kerja BPJS yang berperan sebagai badan yang berupaya mencukupi segala kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang merujuk pada kondisi dimana tingginya fenomena tingkat AKI sendiri. Lokasi yang diambil untuk melakukan penelitian yaitu bertempat di Puskesmas Mulyorejo, Surabaya. Program ini merupakan sebuah kebijakan yang merupakan jawaban yang telah dinanti masyarakat, khususnya kalangan menengah kebawah atas kebutuhan kesehatan mereka dan bertujuan mengurangi tingkat AKI guna mencapai target MDGS. Peran BPJS disini sangat diperlukan dalam pelaksanaannya untuk memperkuat fasilitas kesehatan dalam pelaksanaan suatu kebijakan atau program, sehingga pelaksanaan kebijakan tersebut dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan penelitian dengan cara purposive sampling. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data yaitu dengan mereduksi data, penyajian dan terakhir kesimpulan.Disamping itu, penelitian ini juga menguji keabsahan data yang diperoleh dengan membandingkan informasi dengan data sekunder serta membandingkan informasi dengan teori yang relevan. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan optimalisasi peran badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) untuk memperkuat fasilitas kesehatan publik guna mengurangi AKI pada PuskesmasMulyorejo sudah berjalan dengan cukup baik yang tentu masih memerlukan pembenahan terus menerus.BPJS dalam perannya mengoptimalisasikan kinerja pelayanan kesehatan terbukti berhasil dengan naiknya kunjungan pasien pertahun dan semakin tingginya kepercayaan masyarakat pada pelayanan Puskesmas Mulyorejo. Proses penelitian tersebut bertujuan untuk perbaikan/pembenahan dalam memaksimalkan kedua institusi dan mencapai target MDGS kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 44/15 Swa o
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Peran BPJS, Fasilitas kesehatan publik, Usaha mengurangi tingkat AKI
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
I Made Arga SwarsaNIM070911086
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro WardiyantoNIDN0024126104
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:00
Last Modified: 26 Mar 2020 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16076
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item