Octa Lidya Ghaisani Amin (2015) Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove Versi “Real Beauty Sketches” Di Situs Youtube. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (664kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (445kB) |
|
Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IVK ESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul Representasi Kecentikan Perempual Pada Iklan Dove “Real Beauty Sketches” ini, bertujuan untuk mengeksplorasi mitos dan definisi kecantikan yang direpresentasikan pada iklan Dove versi “Real Beauty Sketches”. Signifikansi penelitian ini terletak pada konsep kecantikan yang ditampilkan oleh Dove yang merupakan brand produk kecantikan. Sehingga, asumsinya konsep ‘cantik’ yang ditawarkan, masih saja mengandung makna yang sesuai dengan mitos kecantikan yang dikonstruksi dalam masyarakat. Untuk menggali, mengidentifikasi, dan memahami pemaknaan yang dibentuk pada iklan, serta mengeksplorasi mitos dan definisi kecantikan, maka motode yang sesuai untuk digunakan adalah semiotik Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teori mengenai mitos kecantikan perempuan menurut Naomi Wolf dan Judith Williamson, gender oleh Julia T. Wood dan David Gauntlett, gazing oleh Laura Mulvey, serta Bahasa tubuh oleh Allan B. Pease, untuk mengetahui makna dan mitos yang terkandung dalam iklan. Iklan ini mendekonstruksi mitos kecantikan yang selama ini mengacu pada bentuk fisik semata. Konsep yang dibuat bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri perempuan melalui perbandingan sketsa wajah. Ini dilakukan supaya perempuan mampu untuk berpikir positif terhadap kecantikan alami yang dimiliki. Mengingat banyaknya faktor yang mengurangi tingkat percaya diri, diantaranya media massa dan juga male gaze, yang kemudian mempengaruhi persepsi perempuan mengenai bentuk tubuhnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis K. 17/15 Ami r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MASS MEDIA AND WOMEN; ADVERTISING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Yusuf Jailani | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 26 May 2020 04:22 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17562 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |