Pengaturan Kesan Di Kalangan Pustakawan Dalam Berinteraksi Dengan Pengguna

Hefifa Rhesa Yuniar (2015) Pengaturan Kesan Di Kalangan Pustakawan Dalam Berinteraksi Dengan Pengguna. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (921kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pustakawan memiliki peran penting dalam keberlangsungan kegiatan pada perpustakaan. Salah satu peran penting yang dilakukan oleh pustakawan yaitu melayani kebutuhan informasi pengguna yang datang ke perpustakaan. Akan tetapi, kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan belum dapat memenuhi kepuasan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna. Padahal, sederet tugas dan kewajiban pustakawan dalam menjalankan profesinya sebagai pelayan informasi sudah diatur dan termuat dalam kode etik pustakawan serta aturan perpustakaan. Namun meski begitu, pada kenyataannya masih banyak didapati keluhan pengguna mengenai sikap yang ditunjukkan oleh pustakawan ketika melayani pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pustakawan melakukan pengaturan kesan yang ingin disampaikan ketika melayani pengguna serta pemahaman yang ditangkap oleh pengguna terhadap profesi pustakawan. Jenis paradigma penelitian yang digunakan adalah interpretatif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi yang dilakukan oleh pustakawan dan pengguna perpustakaan sehingga pendekatan yang digunakan ialah interaksionisme simbolik. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling, sedangkan teknik pengambilan data dilakukan melalui in-depth interview (wawancara mendalam), observasi, dokumentasi, serta penggabungan (triangulasi) data dari ketiga cara tersebut.Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Dramaturgi dari Erving Goffman menghasilkan tiga tipologi pengaturan kesan yang dilakukan pustakawan, yaitu: (1) Discretion Performance atau penampilan yang dikembangkan; (2) Safe Performance atau penampilan yang aman; dan (3) Anti- Social Performance atau penampilan anti sosial. Selain itu penelitian ini juga menemukan definisi bias pada pemahaman profesi pustakawan di mana profesi pustakawan dipahami oleh pengguna hanya sebagai penjaga buku di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 26/16 Yun p
Uncontrolled Keywords: Pengaturan kesan, interaksionisme simbolik, pelayanan, dramaturgi Pustakawan, pengguna
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Hefifa Rhesa YuniarNIM071211632024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri SoesantariNIDN0017055905
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:15
Last Modified: 21 May 2020 14:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item