Deva Ludian Tantyo (2015) Pengaruh The Big Five Personality Terhadap Kinerja Akademik Dengan Motivasi Akademik Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (496kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (99kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB III)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN .pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 13 May 2023. Download (700kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only until 13 May 2023. Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (145kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 13 May 2023. Download (480kB) | Request a copy |
Abstract
The Big Five Personality dan motivasi akademik sangatlah berkaitan langsung dengan kinerja akademik mahasiswa. Kinerja akademik menjadi focus dalam penelitian ini mengingat kinerja akademik merupakan salah satu pengukur seberapa mampu mahasiswa tersebut dalam menempuh pendidikan. Kinerja akademik dapat meningkat dan menurun sesuai dengan personality dan motivasi akademik yang dimiliki mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki kepribadian yang baik dan memiliki motivasi akademik yang tinggi dapat meningkatkan kinerja akademiknya. Penelitian ini dilakukan pada program studi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh The Big Five Personality terhadap kinerja akademik dengan Motivasi akademik sebagai variabel intervening di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 responden dengan menggunakan convenience sampling. Sebagai variabel independen adalah the big five personality, variabel dependen adalah kinerja akademik, variabel dependen intervening adalah motivasi akademik. Teknik analisis yang digunakan dalam penilitian ini adalah Hierarchical Multiple Regression dengan menggunakan alat statistik Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi The Big Five Personality yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yaitu pada model 1 (extraversion, agreeableness, neuroticism, dan openness), model 2 (agreeableness, neuroticism, dan openness), model 3 (agreeableness, dan openness) Dan hasil lainnya adalah openness berpengaruh secara partial mediation terhadap kinerja akademik dengan dimediasi oleh intrinsic motivation, Agreaableness dan openness masing – masing berpengaruh secara full mediation dan partial mediation terhadap kinerja akademik dengan dimediasi oleh extrinsic motivation, dan tidak ada satupun dari dimensi the big five personality yang berpengaruh secara full atau partial mediation terhadap kinerja akademik dengan dimediasi oleh amotivation di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 31/15 Tan p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PEERSONALITY; ACADEMIC PERFORMANCE | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs siti muzaroh | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 May 2020 15:15 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5546 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |