HUBUNGAN ANTARA MASSA OTOT DAN KEKUATAN OTOT DENGAN PHYSICAL PERFORMANCE PADA USIA LANJUT Penelitian Observasional Analitik Cross Sectional Pada Komunitas Usia Lanjut di Surabaya

TITIN KRISTIANA (2019) HUBUNGAN ANTARA MASSA OTOT DAN KEKUATAN OTOT DENGAN PHYSICAL PERFORMANCE PADA USIA LANJUT Penelitian Observasional Analitik Cross Sectional Pada Komunitas Usia Lanjut di Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
PPDS.IPD. 46-19 Kri h ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
PPDS.IPD. 46-19 Kri h DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
PPDS.IPD. 46-19 Kri h DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PPDS.IPD. 46-19 Kri h BR.pdf
Restricted to Registered users only until 30 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Sarkopenia adalah penurunan massa otot dan kekuatan otot yang sebagian besar terjadi pada proses menua. Sarkopenia merupakan masalah yang banyak dijumpai pada usia lanjut yang berisiko terhadap disabilitas, hospitalisasi dan kematian. Data massa dan kekuatan otot dengan physical performance ini diharapkan dapat mendukung teori sarkopenia dan sebagai acuan dalam upaya kesehatan promotif dan preventif sarkopenia pada komunitas usia lanjut. Tujuan : Menganalisis adanya hubungan antara massa otot dan kekuatan otot (handgrip strength) dengan physical performance yang dinilai dengan Short Physical Performance Battery (SPPB) pada komunitas usia lanjut di Surabaya. Metode : Penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional yang akan melibatkan 203 sampel usia ≥ 60 tahun. Subjek penelitian dikategorikan menjadi massa otot dan kekuatan otot kuat dan lemah serta physical performance tinggi, sedang dan rendah. Hubungan antara massa otot dan kekuatan otot dengan physical performance akan disajikan dengan analisis bivariat dengan uji chi square. Multivariat dilakukan pada variabel bivariat dengan p<0,25. Analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik. Hasil: Didapatkan 203 subjek terdiri dari 57 laki-laki dan 146 perempuan. Uji chi square didapatkan hubungan antara kekuatan otot (handgrip strength) dengan physical performance (SPPB) (p=0,001) dengan kekuatan korelasi lemah (r=0,26) dan tidak terdapat hubungan antara massa otot dengan physical performance (SPPB) (p=0,517). Kesimpulan: Terdapat hubungan positif antara kekuatan otot (handgrip strength) dengan physical performance (SPPB) dengan kekuatan hubungan yang lemah dan tidak terdapat hubungan antara massa otot dengan physical performance (SPPB) pada komunitas usia lanjut di Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IPD. 46-19 Kri h
Uncontrolled Keywords: Massa otot; kekuatan otot (handgrip strength); physical performance; usia lanjut
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
TITIN KRISTIANANIM011080223
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOVIRA WIDAJANTINIDN8826800016
Thesis advisorRWAHITA SATYAWATINIDN8818130017
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:23
Last Modified: 30 Dec 2019 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93296
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item