Pelayanan Barista (Studi Deskriptif Tentang Upaya Barista dalam Melayani Konsumen di Kroesel House of Coffee Surabaya)

Burhan Hilmi (2019) Pelayanan Barista (Studi Deskriptif Tentang Upaya Barista dalam Melayani Konsumen di Kroesel House of Coffee Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (459kB)
[img] Text (Daftar Isi)
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (226kB)
[img] Text (Abstrak)
3. ABSTRAKSI .pdf

Download (227kB)
[img] Text (Bab I)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (378kB)
[img] Text (Bab II)
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI OBYEK PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
7. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (123kB)
[img] Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2023.

Download (589kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat di Indonesia membuat banyak orang memanfaatkan kondisi tersebut menjadi sebuah ladang untuk membuka usaha baru. Jenis usaha yang saat ini sedang banyak diminati adalah usaha yang bergerak di industi perhotelan, seperti kafe dan coffee shop karena perubahan dari masyarakat Indonesia yang saat ini menjadikan meminum kopi sebagai sebuah gaya hidup. Semakin banyak usaha kafe dan coffee shop yang bermunculan membuat para pengusaha berusaha untuk bersaing tidak hanya dalam hal produknya saja tetapi juga bersaing dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya sehingga dapat bersaing dengan tempat lain. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen merupakan tugas dan tanggung jawab para karyawan kafe, dalam penelitian ini yang dimaksudkan adalah karyawan Barista di Kroesel House of Coffee. Agar dapat mencapai tujuan yang dimaksudkan maka para karyawan Barista harus melakukan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam melayani konsumen. Pelayanan yang baik diharapkan akan membuat kepuasan konsumen terpenuhi serta hasil penjualan menjadi meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Barista dalam melayani konsumen di Kroesel House of Coffee. Peneliti memilih Kroesel House of Coffee sebagai tempat penelitian karena kafe ini memiliki konsep yang berbeda dengan tempat lainnya. Karyawan Barista kafe ini juga sering berganti-ganti sehingga upaya pelayanan dari masing-masing Barista dirasa berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang akan menjelaskan secara menyeluruh dan nyata mengenai upaya pelayanan yang dilakukan Barista dalam melayani konsumen di Kroesel House of Coffee. Data yang didapatkan dengan cara wawancara, observasi secara terbuka, dan penggunaan bahan dokumen untuk semakin mendukung kebenaran yang ada pada saat proses penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan Barista Kroesel House of Coffee Surabaya telah menerapkan beberapa upaya pelayanan yang dapat dilakukan meskipun dari pihak atasan baik Manajer Operasional dan pemilik kafe tidak menetapkan peraturan terkait pelayanan kepada konsumen. Namun masih ditemukan beberapa kendala dalam penerapannya, seperti kondisi lantai yang mudah kotor sehingga perlu kerja keras untuk berupaya menjaga kebersihan area kerja dan masih kurang cepatnya karyawan Barista dalam membuat dan menyajikan pesanan konsumen serta sering terjadi kesalahan informasi terkait promo yang berlangsung. Selain itu juga masih perlu adanya peningkatan pengawasan terhadap kinerja pelayanan karyawan Barista. Kata Kunci: Upaya Barista, Pelayanan, Konsumen, Konsumen Puas, Hasil Penjualan Meningkat

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 08/ 20 Hil p
Uncontrolled Keywords: Upaya Barista, Pelayanan, Konsumen, Konsumen Puas, Hasil Penjualan Meningkat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Burhan HilmiNIM151611413019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin FiatianoNIDN0002117301
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Feb 2020 08:43
Last Modified: 14 Feb 2020 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94275
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item