Evaluasi Suksesi Pada Bisnis Keluarga Dengan Alat Ukur Organization Health Index (Ohi) : Studi Kasus Laboratorium Klinik Di Indonesia

Ratih Rachmasari (2019) Evaluasi Suksesi Pada Bisnis Keluarga Dengan Alat Ukur Organization Health Index (Ohi) : Studi Kasus Laboratorium Klinik Di Indonesia. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (294kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
4. BAB 1PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
5. BAB 2TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian : 25 persen GDP (Growth Domestic Product) Indonesia bersumber dari perusahaan keluarga, besarnya kontribusi ini menunjukkan bahwa bisnis keluarga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. Karena itu, sustainabilitas perusahaan keluarga yang ada di Indonesia perlu dipertahankan. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa penyebab bisnis keluarga tidak dapat menjaga sustainabilitasnya dikarenakan kegagalan proses suksesi bisnis, karena itu diperlukan evaluasi untuk mengoptimalkan proses ini. Dalam penelitian ini akan dilakukan evaluasi dengan pendekatan internal organisasi dan menggunakan McKinsey Organization Health Index (OHI) untuk menentukan kesehatan organisasi yang mewakili efektivitas proses suksesi. Kemudian analisis kualitatif dilakukan untuk menghasilkan saran guna mengoptimalkan proses suksesi . Desain/metodologi : Untuk mengevaluasi proses suksesi, penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada kepala cabang, manager dan supervisor departemen seluruh cabang PT.X sehingga dapat diketahui skor OHInya. Kemudian, hasil ini akan dievaluasi secara kualitatif dan menghasilkan saran dalam bentuk Action Plan yang menggunakan teori Parallel Planning Process sebagai pertimbangan. Hasil : Berdasarkan skor OHI yang diperoleh dari penelitian bahwa nilainya masih berada di kuartil ketiga, dapat disimpulkan proses suksesi yang berjalan pada PT.X belum berjalan dengan maksimal/excellent. Peningkatkan perilaku organisasi bedasarkan archetype “market shaper” khususnya pada praktek kejelasan strategi, membagi visi dan menggunakan mentor dari eksternal organisasi bagi organisasi khususnya successor direkomendasikan untuk memaksimalkan proses suksesi dan meningkatkan kesehatan organisasi. Originalinalitas : Banyak penelitian terdahulu yang mempelajari hubungan antara isu suksesi dan performance bisnis, tetapi pada studi ini lebih ditekankan pada cara mengevaluasi proses suksesi sehingga diperoleh saran untuk memaksimalkan proses tersebut. Adapun proses penelitian sebagai berikut, pertama, dilakukan survey untuk mengukur kondisi kesehatan organisasi yang merepresentasikan efektifitas proses suksesi. Kemudian target score OHI ditentukan berdasar data primer dan diskusi dengan BOD (Board of Director), gap yang terjadi antara target dan hasil survey kemudian dianalisa secara kualitatif untuk menghasilkan saran dari penulis dalam bentuk rencana implementasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 11/20 Rac e
Uncontrolled Keywords: family business, succession process, Organizational Health Index (OHI),clinical laboratory
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Ratih RachmasariNIM041724353062
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir SukocoNIDN'0021035212
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:30
Last Modified: 27 Feb 2020 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item