Ni Komang Francea Purnama (2019) Pengaruh Presentation Modality Dan Food Claim Pada Iklan Ethnic Food Indonesia Terhadap Food Attractiveness, Taste Expectation Dan Purchase Intention Dengan Variabel Moderasi Food Neophobia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (223kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (94kB) |
|
Text (BAB 2 TINJAUAN)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 14 August 2023. Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only until 14 August 2023. Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 14 August 2023. Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only until 14 August 2023. Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 14 August 2023. Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
Terlepas dari tren wisatawan untuk mencicipi ethnic food, saat ini banyak ethnic food Indonesia yang terancam punah. Tingkat paparan informasi yang diterima konsumen menunjukkan pengaruh positif terhadap penerimaan mereka atas ethnic food. Pada umumnya, wisatawan mengonsumsi ethnic food sebagai kegiatan konsumsi yang didorong motivasi hedonis. Daya tarik tampilan fisik dan harapan konsumen atas rasa makanan merupakan faktor penting yang mendorong konsumen untuk mengonsumsi makanan hedonis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas periklanan food attractiveness, taste expectation dan purchase intention yang dipengaruhi oleh presentation modality, food claim dan dimoderasi oleh food neophobia. Pada penelitian ini partisipan disajikan stimuli berupa iklan ethnic food jukut ares dalam format foto statis dan video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dan menggunakan uji MANOVA dengan SPSS serta SEM-PLS dengan Smartpls. Penelitian ini menggunakan desain factorial 2 presentation modality (single modality vs multiple modality) x 2 food claim (health claim vs taste related) pada 140 partisipan mahasiswa S1. Sebelum dilakukan uji main test, dilakukan cek manipulasi untuk memastikan partisipan memahami kondisi serta stimuli yang dibuat oleh peneliti. Variabel terukur food attractiveness (5 indikator), taste expectation (5 indikator), purchase intention (5 indikator) dan food neophobia (6 indikator), masing- masing diukur dengan skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa format presentation modality dan food claim yang berbeda menghasilkan perbedaaan yang signifikan pada food attractiveness dan taste expectation. Pada uji interaction effect presentation modality dan food claim pada food attractiveness menunjukkan hubungan signifikan, namun hubungan yang tidak signifikan pada taste expectation. Selain itu, pada penelitian ini juga dibuktikan bahwa food attractiveness dan taste expectation berpengaruh positif terhadap purchase intention. Namun, efek moderasi food neophobia menunjukkan hubungan yang tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | B 42/20 Pur p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | presentation modality, food claim, food attractiveness, taste expectation purchase intention, MANOVA, SEM. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | indah rachma cahyani | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2020 02:30 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2020 02:30 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97391 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |