Pengaruh Big Five Personality Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Tenaga Penjualan

Narendrasasi Trisakti (2020) Pengaruh Big Five Personality Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Tenaga Penjualan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text
4. BAB IPENDAHULUAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
5. BAB IITINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IIIMETODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IVHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VSIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI JURNAL_NARENDRASASI TRISAKTI - naren sasi.pdf

Download (491kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big five personality terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada tenaga penjualan di Indonesia. OCB adalah perilaku diskresi—jenis perilaku yang bukan dari deskripsi pekerjaan—yang secara tidak langsung diakui oleh sistem reward formal dan diyakini secara langsung mempromosikan fungsi yang efektif dalam perusahaan (Organ, 1988). Sedangkan big five personality merupakan sebutan untuk lima sifat utama kepribadian yang disusun oleh Costa dan McCrae (1992). Hipotesis penelitian ini adalah sifat openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism secara parsial berpengaruh terhadap OCB pada tenaga penjualan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 189 tenaga penjualan dengan metode survei. OCB diukur menggunakan modifikasi skala dari Podsakoff & MacKenzie (1994). Big five personality diukur dengan skala IPIPBFM- 25 oleh Akhtar & Azwar (2018). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda standar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sifat openness, conscientiousness, dan extraversion tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB pada tenaga penjualan. Sedangkan sifat agreeableness dan neuroticism memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB pada tenaga penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 86/20 Tri p
Uncontrolled Keywords: big five personality, OCB, salesperson
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Narendrasasi TrisaktiNIM111611133040
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDimas Aryo WicaksonoNIDN0014038404
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2020 23:52
Last Modified: 31 Aug 2020 23:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item