Posisi Media Online Dalam Kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018: Studi Kasus Beritajatim.com

Robeth Fuadi (2020) Posisi Media Online Dalam Kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018: Studi Kasus Beritajatim.com. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN AWAL)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2023.

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2023.

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2023.

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2023.

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB)
[img] Text (EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
Pernyataan Kesediaan Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kekuatan media massa banyak dimanfaatkan oleh aktor politik untuk melakukan strategi kampanye politik. Khususnya pada media jenis baru atau media online yang banyak digunakan karena dianggap lebih bisa menyebarkan informasi secara luas dan juga mudah diakses oleh masyarakat. Karena memiliki pengaruh yang besar dan juga peran penting, tidak dipungkiri bahwa media massa juga dapat mempengaruhi agenda setting dari masyarakat maupun aktor politik. Pengelolaan konten yang dibuat sebuah media itu sendiri yang dapat menimbulkan opini dan asumsi publik yang dalam konteks pemilihan dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat untuk memilih kandidat siapa yang dirasa cocok untuk menjadi pemimpin. Pada kasus dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, salah satu media online lokal yang fokus terhadap topik pemberitaan Jawa Timur, yaitu Beritajatim.com juga memuat konten yang cenderung lebih banyak tentang Saifullah-Puti daripada Khofifah-Emil. Pada dasarnya, media harus bersikap independen dan juga netral. Sehingga, dengan adanya kasus ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenanya posisi dari Beritajatim.com dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Dengan menggunakan metode analisis wacana teks elektif, dan juga wawancara kepada pihak Beritajatim.com, maka akan diketahui sehgala proses yang terjadi dan juga setting apa yang digunakan oleh Beritajatim.com terhadap konten berita Pemilihan Gubernur Jawa Timur mengenai masing-masing kandidat dan juga proses-proses politik yang terjadi dibalik pengelolaan konten Beritajatim.com. Karena, pada dasarnya dalam Stromback (2011), media dianggap berorientasi pada bisnis tentang melayani keinginan dan kebutuhan khalayak serta pengiklan mereka. Hal ini juga tidak terlepas dari kepentingan apa yang dimiliki oleh pemilik modal dari media tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P 38/20 Fua p
Uncontrolled Keywords: Media Online, Kampanye, Beritajatim.com, Pilgub Jatim 2018
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Robeth FuadiNIM071511333094
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKris Nugroho, '-NIDN0030036204
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:12
Last Modified: 25 Sep 2020 06:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99375
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item