Masitha Nur Ayu Tri Gemilang (2020) Maskulinitas Beauty Advisor Laki-Laki Di Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN AWAL)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (749kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak .pdf Download (59kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 2 October 2023. Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only until 2 October 2023. Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 2 October 2023. Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V PENUTUP .pdf Restricted to Registered users only until 2 October 2023. Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (170kB) |
Abstract
Seorang beauty advisor memiliki tugas untuk membantu konsumen memilih produk kecantikan dan memberi sisi konsultan singkat. Profesi beauty advisor kerap diasosiasikan dengan profesi perempuan. Namun, berkat cairnya oposisi biner antara laki-laki dan perempuan, kini beberapa lapangan pekerjaan yang dulu diasosiasikan dengan perempuan mulai diisi oleh laki-laki, salah satunya yaitu profesi beauty advisor. Kehadiran beauty advisor laki-laki cukup menarik karena untuk menunjang penampilannya saat bekerja, mereka juga menggunakan kosmetik layaknya beauty advisor perempuan. Para laki-laki yang bekerja sebagai beauty advisor dianggap sebagai representasi norma maskulinitas yang mulai bergeser. Mereka menampilkan sisi maskulinitas yang berbeda, kehadiran mereka seperti menunjukkan maskulinitas alternatif sehingga tercipta ruang baru bagi laki-laki untuk memainkan perannya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan norma maskulinitas yang dibawa beauty advisor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan maskulinitas yang ditunjukkan oleh para beauty advisor laki-laki dan mengungkapkan gambaran beauty advisor laki-laki dalam menjelaskan pluralitas norma gender. Untuk mengungkapkan maskulinitas beauty advisor laki-laki, peneliti menggunakan elemen-elemen yang kerap digunakan untuk membahas maskulinitas seperti tampilan fisik, hubungan dengan keluarga, hubungan sosial, persepsi kesuksesan, dan orientasi seksual. Dari norma-norma maskulinitas yang dibawa beauty advisor laki-laki tersebut kemudian diperiksa menggunakan relasi gender menurut R.W Connell untuk menjelaskan bahwa maskulinitas itu bersifat plural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma-norma maskulinitas yang ditunjukkan beauty advisor laki-laki yaitu merias diri dan tidak merias diri, bapakisme, altruisme, sukses, dan heteronormativitas. Norma-norma tersebut digunakan untuk menampik hegemoni standar maskulinitas secara sosiokultural yang diciptakan oleh maskayarakat, sehingga menciptakan maskulinitas new man dan hegemoni baru meskipun belum tercapai sepenuhnya. Beauty advisor laki-laki menawarkan maskulinitas new man melalui penampilan, tetapi pada akhirnya mereka tetap saja berbenturan dengan konstruksi sosial dalam memaknai maskulinitas itu sendiri. Maskulinitas hanyalah sebuah konstruksi maka konsep maskulinitas antara satu daerah dengan daerah lainnya bisa saja mengalami perbedaan tergantung budaya daerah tersebut.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TKSB.01/20 Gem m | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Norma, Maskulinitas, Pluralitas, Beauty Advisor Laki-Laki, New Man | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL270 Unity and Plurality | |||||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | |||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2020 03:51 | |||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2020 03:51 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99623 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |