Strategi Keberhasilan Moda Masuk Walt Disney Company Dalam Membangun Shanghai Disneyland Park Di Tiongkok

Filasafia Marsya Ma’rifat (2020) Strategi Keberhasilan Moda Masuk Walt Disney Company Dalam Membangun Shanghai Disneyland Park Di Tiongkok. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (254kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II Pemilihan Shanghai sebagai Determinan Lokasi Walt Disney Company.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III Kesepakatan Equity Joint Venture sebagai Moda Masuk Pilihan Walt Disney Company.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV Glokalisasi Disney versi Tiongkok untuk Mengatasi Hambatan Kultural.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V Kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2023.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis strategi moda masuk yang digunakan oleh Walt Disney Company dalam membangun Shanghai Disneyland Park di Tiongkok, terutama pasca-kegagalan American Dream Park pada tahun 2001. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh upaya negosiasi yang dilakukan oleh Walt Disney Company dengan pemerintah Tiongkok selama kurang lebih delapan tahun, yakni sejak tahun 2001 hingga disetujui pada tahun 2009. Penelitian yang memosisikan Walt Disney Company sebagai aktor utama ini berusaha untuk menjawab pertanyaan terkait strategi-strategi apa saja yang diimplementasikan oleh Walt Disney Company agar Shanghai Disneyland Park dapat memasuki pasar taman hiburan di Tiongkok. Jawaban tersebut dikerangkakan melalui konsep determinan lokasi dalam Foreign Direct Investment, kesepakatan Equity Joint Venture, dan strategi glokalisasi. Proses analisis menggunakan metode analisis kualitatif yang dapat menggambarkan pola dari konsep dan wawasan dari hasil interprestasi bahan linguistik atau visual melalui interpretasi terhadap sumber-sumber data yang didapat. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga strategi utama yang digunakan oleh Walt Disney Company untuk membangun Shanghai Disneyland Park. Pertama, dipilihnya kota Shanghai sebagai determinan lokasi. Kedua, menentukan Equity Joint Venture sebagai jenis moda masuk yang dipilih dan mengikuti hukum investasi asing yang berlaku. Ketiga, melakukan strategi glokalisasi dengan konsep “Authentically Disney, Distinctly Chinese” untuk mengintegrasikan budaya ‘global’ Disney dengan budaya lokal Tiongkok. Melalui temuan tersebut, terdapat sebuah pemahaman terkait arti penting penyusunan strategi bagi perusahaan asing dalam melakukan investasi asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI 17/20 Mar s
Uncontrolled Keywords: Walt Disney Company, moda masuk, Foreign Direct Investment, determinan lokasi, Equity Joint Venture, glokalisasi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Filasafia Marsya Ma’rifatNIM071611233011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra HennidaNIDN0025107906
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:31
Last Modified: 08 Oct 2020 03:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item