Peran Pendidik Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran (Studi Kasus Di Paud Unggulan Nasional Anak Saleh Malang)

Ar-Raisul Karama (2014) Peran Pendidik Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran (Studi Kasus Di Paud Unggulan Nasional Anak Saleh Malang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (673kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (629kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (670kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang baik sebagai bentuk tindakan pencegahan yang utama bagi resiko perilaku buruk dan juga dapat membangun karakter yang positif (Berkowitz & Bier, 2004). Keefektifan pendidik merupakan upaya peningkatan akan metode evaluasi terhadap peran pendidik (national commission on excellence, 1993). Berdasarkan studi lapangan awal, ditemukan bahwa PAUD Anak Saleh memiliki pendidikan karakter yang khas. Pendidikan karakter berhasil diterapkan disebabkan peran pendidik yang berkarakteristik pendidik yang efektif, hal ini didukung dengan penerapan metode pembelajaran berbasis sentra dan lingkaran. Informan dalam penelitian ini terdiri atas 3 pendidik PAUD Anak Saleh dan 2 informan sebagai significant other. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara dan didukung oleh teknik observasi serta studi dokumentasi sebagai data sekunder yang kemudian di analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Karakteristik pendidik PAUD Anak Saleh bercirikan 13 aspek; (2) Peran Pendidik PAUD Anak Saleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran sentra dan lingkaran, meliputi 7 aspek; melalui 4 model pendekatan; melakukan 9 langkah pembelajaran; dan melaksanakan 6 strategi pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pendidik efektif, Peran Pendidik, PAUD, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sentra dan Lingkaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ar-Raisul KaramaNIM111011103
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardhana N.UNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 06 May 2021 03:05
Last Modified: 06 May 2021 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item