Ar-Raisul Karama (2014) Peran Pendidik Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran (Studi Kasus Di Paud Unggulan Nasional Anak Saleh Malang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (673kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (626kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (629kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (670kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (648kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter adalah pendidikan yang baik sebagai bentuk tindakan pencegahan yang utama bagi resiko perilaku buruk dan juga dapat membangun karakter yang positif (Berkowitz & Bier, 2004). Keefektifan pendidik merupakan upaya peningkatan akan metode evaluasi terhadap peran pendidik (national commission on excellence, 1993). Berdasarkan studi lapangan awal, ditemukan bahwa PAUD Anak Saleh memiliki pendidikan karakter yang khas. Pendidikan karakter berhasil diterapkan disebabkan peran pendidik yang berkarakteristik pendidik yang efektif, hal ini didukung dengan penerapan metode pembelajaran berbasis sentra dan lingkaran. Informan dalam penelitian ini terdiri atas 3 pendidik PAUD Anak Saleh dan 2 informan sebagai significant other. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara dan didukung oleh teknik observasi serta studi dokumentasi sebagai data sekunder yang kemudian di analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Karakteristik pendidik PAUD Anak Saleh bercirikan 13 aspek; (2) Peran Pendidik PAUD Anak Saleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran sentra dan lingkaran, meliputi 7 aspek; melalui 4 model pendekatan; melakukan 9 langkah pembelajaran; dan melaksanakan 6 strategi pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Pendidik efektif, Peran Pendidik, PAUD, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sentra dan Lingkaran | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 06 May 2021 03:05 | ||||||
Last Modified: | 06 May 2021 03:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106854 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |