INTERPRETASI MAHASISWI SURABAYA TERHADAP GAMBARAN MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE INDONESIA DAN SURYA 16 VERSI PHOTOGRAFER

Lukman Taufik Tri Hidayat, 071115005 (2015) INTERPRETASI MAHASISWI SURABAYA TERHADAP GAMBARAN MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE INDONESIA DAN SURYA 16 VERSI PHOTOGRAFER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2015-hidayatluk-35835-8.abstr-k.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
LUKMAN TAUFIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Interpretasi Mahasiswi Surabaya Terhadap Gambaran Maskulinitas dalam Iklan AXE Indonesia dan Surya 16 versi Photografer. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana interpretasi mahasiswi Surabaya terhadap gambaran laki-laki ideal dalam iklan rokok Surya 16 versi Photografer dan Axe Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang di gunakan adalah audience analysis. Hal ini dikarenakan, data yang akan di cari bukan data berupa angka dan tidak dapat digeneralisasikan antara individu satu dengan lainnya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Focus Group Discussion (FGD). Pembahasannya dianalisis melalui narasi-narasi kualitatif selama FGD dilaksanakan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang merupakan mahasiswi dari 5 universitas berbeda. Universitas tersebut ialah Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Surabaya, Universitas Tujuh Belas Agustus, dan UIN Sunan Ampel. Teknik yang digunakan untuk mencari informan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan persepsi informan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Transisi dari masa remaja menuju dewasa menjadi kunci penting dari perubahan persepsi mengenai maskulinitas. Selama remaja, pembentukan persepsi dipengaruhi faktor eksternal yaitu situasi lingkungan dan tampakan luar. Sedangkan saat dewasa, faktor internal yaitu penilaian, pengalaman, dan ekspektasi/pengharapan. Beragam persepsi yang diinterpretasikan menjadi bekal untuk memetakan persepsi informan berdasarkan jenisnya. Ada persepsi yang berdasarkan pengalaman, persepsi bersifat selektif, persepsi bersifat dugaan, dan persepsi bersifat evaluatif. Persepsi informan mengenai AXE Indonesia, cenderung negatif. Sedangkan untuk iklan Surya 16 versi Photografer cenderung positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 07-15 Hid i
Uncontrolled Keywords: MASCULINITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Lukman Taufik Tri Hidayat, 071115005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra. Rachmah Ida, M.Comm., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 20 Feb 2015 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item