PENGEMBANGAN MODEL REKRUTMEN DAN SELEKSI CPNS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI KABUPATEN MALINAU KALIMANTAN UTARA

OLMA RIRIS MARPAUNG, 091214253002 (2015) PENGEMBANGAN MODEL REKRUTMEN DAN SELEKSI CPNS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI KABUPATEN MALINAU KALIMANTAN UTARA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rekrutmen dan seleksi di Kabupaten Malinau, serta menyusun pengembangan model rekrutmen dan seleksi CPNS untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara. Penelitian ini menggunakan teori proses rekrutmen dan seleksi, dimana penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pendahuluan, kemudian dilajutkan dengan penelitian lapangan yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah teknik analisis data kualitatif. Dari hasil temuan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa model proses rekrutmen dan seleksi berbasis sentralistik yang digunakan BKD Kabupaten Malinau pada tahun 2013 belum terlaksana dengan maksimal. Permasalahan proses rekrutmen meliputi perencanaan rekrutmen belum sesuai dengan kebutuhan daerah dan metode rekrutmen yang kurang memanfaatkan internet untuk mengumumkan formasi. Permasalahan proses seleksi meliputi temuan pendidikan yang tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan, tidak melaksanakan Tes Kemampuan Bidang (TKB), standar passing grade tidak disesuaikan dengan kemampuan daerah, dan ketidak cocokan terhadap penempatan yang menyebabkan beberapa peserta mengundurkan diri. Maka, pengembangan model sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah rekrutmen dan seleksi CPNS berbasiskan karakteristik daerah, dimana pengadaan PNS disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, pembedaan nilai batas kelulusan untuk masing-masing wilayah serta mengembangkan metode rekrutmen dengan sistem online dan sistem CAT untuk TKD.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.10/15 Mar p
Uncontrolled Keywords: Recruitment, Selection
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
OLMA RIRIS MARPAUNG, 091214253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 15 Apr 2015 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 04:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28955
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item