Theresia Natalia, S.Psi (2012) Efektivitas Pelatihan Keterampilan Konseling Dan Psikoterapi Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Bk Sdk Santa Clara Dalam Penanganan Perilaku Bermasalah Pada Peserta Didik. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (124kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (27kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah Pelatihan Keterampilan Konseling dan Psikoterapi efektif dalam meningkatkan Kompetensi Guru BK SDK Santa Clara dalam Penanganan Perilaku Bermasalah Pada Peserta Didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang guru BK SDK Santa Clara yang mengalami masalah dalam melakukan penanganan perilaku bermasalah pada peserta didik. Permasalahan penelitian didapatkan melalui hasil kuesioner dan wawancara yang penulis berikan. Masalah yang dialami oleh guru BK di sekolah ini adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan perilaku bermasalah pada peserta didik dengan menggunakan teknik konseling dan psikoterapi. Oleh karena itu, penulis memberikan intervensi berupa pelatihan keterampilan konseling dan psikoterapi. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi guru BK yang nampak melalui kemampuan pada level pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penanganan perilaku bermasalah dengan teknik konseling dan psikoterapi. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes prestasi, observasi, dan wawancara yang digunakan sebagai pelengkap data. Hasil analisis statistik dengan teknik Wilcoxon Signed Rank Test dari penelitian ini menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) untuk kompetensi guru BK (pengetahuan) sebesar 0,011. Sedangkan Asymp. Sig (2-tailed) untuk kompetensi guru BK (keterampilan) sebesar 0,063. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan konseling dan psikoterapi dapat meningkatkan kompetensi guru BK pada level pengetahuan secara signifikan dalam penanganan perilaku bermasalah pada peserta didik. Namun pada level keterampilan, pelatihan keterampilan konseling dan psikoterapi tidak dapat meningkatkan kompetensi guru BK secara signifikan dalam penanganan perilaku bermasalah pada peserta didik. Hal ini dipengaruhi karena terbatasnya waktu penelitian dan tidak adanya tindakan follow up setelah pelatihan diberikan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Konselor, Konseling, Psikoterapi | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2021 03:29 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2021 03:29 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105681 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |