Adisty Ambarpratiwi (2015) Efektivitas Pelatihan “Teknik Mediated Learning Experience (MLE)” pada Peningkatan Kualitas Interaksi Guru dengan Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pos Paud Terpadu (PPT). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (730kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (678kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (619kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (710kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (744kB) |
Abstract
Guru pendidikan anak usia dini merupakan orang dewasa yang bertugas untuk memelihara, mengasuh, dan mendidik anak usia dini agar anak dapat berkembang secara maksimal melalui upaya stimulasi. Stimulasi dapat diberikan melalui adanya interaksi yang berkualitas antara guru dengan peserta didik PAUD. Guru PPT memiliki keterbatasan ilmu dan pengalaman dalam pendidikan anak usia dini, sehingga proses interaksi antara guru dengapeserta didik PAUD menjadi kurang stimulatif dan maksimal. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas interaksi guru dengan peserta didik melalui teknik Mediated Learning Experience (MLE) pada guru PPT. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 orang guru PPT yang srtiap hari berinteraksi dengan anak usia dini. Data diperoleh melalui observasi terstruktur kualitas interaksi guru dengan peserta didik saat mengikuti pembelajaran di PPT, yaitu sebelum dan sesudah pelatihan teknik MLE diberikan. Hasil observasi selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis statistik nonparametrik Wilcoxon Signed Rank Test dengan membandingkan skor kualitas interaksi guru sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan teknik MLE. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.005, dimana nilai 0.005 < 0.05 dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kualitas interaksi guru dengan peserta didik PAUD sebelum dan sesudah guru mengikuti pelatihan teknik MLE. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya peningkatan kualitas interaksi guru dengan peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan teknik MLE efektif untuk meningkatkan kualitas interaksi guru dengan peserta didik PAUD di PPT.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quality of Interaction, Mediated Learning Experience, Early Childhood Education, Training | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2021 06:44 | ||||||
Last Modified: | 29 Apr 2021 06:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106371 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |