Ruth Vanny Feronica Panggabean (2012) Pengaruh Pelatihan Modifikasi Perilaku Terhadap Peningkatan Kompetensi Dalam Menangani Perilaku Bermasalah Anak Prasekolah Pada Guru Kb/Tk Pelangi Ceria. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (652kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (568kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (566kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (612kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (727kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (569kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (590kB) |
Abstract
Saat ini, masalah perilaku yang ditunjukkan anak prasekolah mendapatkan perhatian besar bagi para pemerhati anak, karena masalah perilaku anak prasekolah tidak hanya ditunjukkan di dalam lingkungan rumah, akan tetapi juga ditunjukkan dalam lingkungan sekolah. Oleh sebab itu, dibutuhkan guru yang berkompeten dalam menangani masalah perilaku anak prasekolah tersebut. Guru yang memiliki kompetensi akan menunjukkan kualitas seorang guru dalam mengajar para peserta didik. Subjek penelitian ini adalah para guru KB/TK Pelangi Ceria yang mengalami permasalahan dalam menangani perilaku anak prasekolah. Permasalahan penelitian ini didapat melalui hasil dari kuesioner yang penulis berikan. Masalah yang terjadi di KB/TK Pelangi Ceria ini adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menangani perilaku bermasalah pada anak dengan teknik-teknik modifikasi perilaku. Oleh karena itu, subjek penelitian diberikan intervensi berupa pelatihan modifikasi perilaku. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru, baik di level pengetahuan maupun keterampilan guru dalam menangani perilaku bermasalah pada anak dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes prestasi, observasi, wawancara, dan lembar penugasan guru. Hasil penelitian ini adalah pelatihan modifikasi perilaku dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menangani perilaku bermasalah pada anak prasekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan dengan teknik Wilcoxon Signed Rank Test dengan p sign. Sebesar 0,005. Keberhasilan pelatihan ini disebabkan oleh rasa antusias guru dalam mengikuti pelatihan dan komitmen guru dalam melakukan penugasan atas kasus nyata yang ada di kelas mereka.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | HANYA TERSEDIA FILE | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Modifikasi Perilaku, Pelatihan, Andragogi, Guru Prasekolah, Anak Prasekolah | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs siti muzaroh | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 14:00 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 14:00 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106716 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |