Ayu Anggraini Wasito (2020) Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 17 May 2024. Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 May 2024. Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 May 2024. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 May 2024. Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Hambatan dalam mengerjakan skripsi dapat menyebabkan mahasiswa mengalami penurunan dalam proses penyelesaianya dan secara tidak sadar mereka mengalami academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universias Airlangga yang sedang mengerjakan skripsi dengan minimal telah/sedang menempuh semester 7. Penelitian ini dilakukan pada 179 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data survei dengan menyebarkan kuesioner online. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat academic self efficacy yaitu alat ukur yang dikembangkan berdasarkan teori (Bandura A. , 1997) dan alat ukur academic burnout adalah alat yaitu alat ukur yang dikembangkan berdasarkan teori (Schaufeli & Hu, 2009). Reliabilitas untuk variabel academic self efficacy 0,919 dan reliabilitas untuk skala academic burnout adalah sebesar 0,928. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Regresi Linear Sederhana yang dilakukan dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai koefisien regresi yang didapatkan adalah sebesar -0,821 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), serta nilai R Square sebesar 0,600. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang negatif dan signifikan academic self efficacy terhadap academic burnout, sehingga semakin tinggi tingkat academic self efficacy yang dimiliki oleh seseorang maka tingkat academic burnout cenderung rendah dan sebaliknya. Besarnya pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout sebesar 60% dan 40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi.33-21 | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, Academic Self Efficacy, Academic Burnout. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 17 May 2021 04:38 | ||||||
Last Modified: | 17 May 2021 04:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107093 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |