Representasi Anak Pada Iklan Televisi Asuransi Prudential Indonesia (Studi Reception Analysis Orang Tua Terhadap Representasi Anak Pada Iklan Televisi Prudential Indonesia)

Sakti Ajisasmita (2015) Representasi Anak Pada Iklan Televisi Asuransi Prudential Indonesia (Studi Reception Analysis Orang Tua Terhadap Representasi Anak Pada Iklan Televisi Prudential Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
5. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 May 2023.

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 19 May 2023.

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi pemaknaan orang tua mengenai representasi identitas anak yang ditampilkan pada iklan asuransi Prudential Indonesia. Signifikansi penelitian ini yaitu identitas anak yang ditampilkan oleh media saat ini merupakan suatu konstruksi. Identitas anak tidak lagi menjadi netral, melainkan dijadikan komodifikasi untuk mempromosikan suatu produk, dalam hal ini asuransi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Reception Analyisis dengan teknik pengumpulan data FGD (Focus Group Discussion). Penelitian menggunakan informan dengan latar belakang demografi yang heterogen. Perbedaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil interpretasi yang beragam. Informan yang dijadikan subjek penelitian ini yaitu orang tua, sebab orang tua merupakan target market dari iklan Prudential, selain itu penggunaan orang tua dikarenakan mereka merupakan khalayak aktif media. Hasil dari penelitian ini yaitu menurut para informan terdapat tiga hal penting yang terlihat berkaitan dengan konstruksi identitas anak. Pertama berkaitan dengan kelas sosial, menurut para informan, identitas anak yang terlihat pada iklan Prudential Indonesia lebih memperlihatkan kelas sosial menengah keatas, hal itu terlihat terutama dari atribut, serta warna kulit anak yang ditampilkan. Kedua konstruksi identitas anak yang terlihat dari sisi gender yang ditampilkan dalam iklan Prudential. Menurut informan identitas gender yang terlihat berkaitan dengan atribut yang digunakan. Konstruksi identitas anak yang ketiga yaitu berkaitan dengan hobi atau pertemanan mereka. Selain ketiga hal tersebut, hasil penelitian ini juga melihat posisi informan berada pada dominant reading, negotiated reading, atau oppositional reading dalam menginterpretasi iklan Prudential Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 68/15 Aji r
Uncontrolled Keywords: penerimaan khalayak, identitas anak, iklan, asuransi, prudential
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sakti AjisasmitaNIM071115006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani SNIDN0007087902
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 19 May 2020 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item