Respon Masyarakat Terhadap Pesan Dan Keberadaan Mural (Studi Deskriptif Respon Masyarakat Rw 5 Kelurahan Wonokromo Terhadap Pesan Dan Keberadaan Seni Jalanan Mural Di Kelurahan Wonokromo Surabaya)

Bryan Wiradhana (2015) Respon Masyarakat Terhadap Pesan Dan Keberadaan Mural (Studi Deskriptif Respon Masyarakat Rw 5 Kelurahan Wonokromo Terhadap Pesan Dan Keberadaan Seni Jalanan Mural Di Kelurahan Wonokromo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (848kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (823kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (818kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (876kB)
[img] Text
5. BAB II SENI JALANAN MURAL DI KELURAHAN WONOKROMO KOTASURABAYA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karya seni jalanan atau yang biasa disebut mural merupakan Kebiasaan melukis di dinding oleh individu bertujuan untuk mengekpresikan kreatifitas dan mengharapakan atensi dari orang yang melihatnya. Seni visual saat ini melalui lukisan di dinding masih sering dilakukan, Dari beberapa seni jalanan yang diantara lainnya dengan mural. Mural adalah salah satu seni jalanan yang marak berkembang pesat di kota-kota besar Keberadaan mural di daerah Wonokromo mengundang penilitian ini berlangsung, karena banyak diantaranya mural tersebut membawa pesan dan makna yang ditujukan kepada khalayak luas serta sekumpulan mural tersebut masih memberikan pro kontra atas kehadirannya yang juga kerap dianggap sebagai vandalisme dan perusakan. Paradigma yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah paradigma deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan adalah teori milik George H Mead tentang interaksi-Stimulus respon. Responden dalam penelitian ini adalah lima puluh lima warga RW 5 Kelurahan Wonokromo, Surabaya. Untuk menentukan sampel digunakan metode cluster atau pengelompokan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dikarenakan populasi yang tinggi di wilayah Wonokromo.. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara menggunakan kuesioner untuk turun langsung di lapangan dan melakukan indept interview ke salah satu tokoh pertanian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: ada tiga faktor merupakan tahapan impuls, bahwa masyarakat pada RW 5 di kelurahan Wonokromo dikatakan mengetahui tentang mural-mural yang ada di sekitar lingkungan mereka terlatar belakangi dengan ketiga faktor tersebut. respon masyarakat terhadap karya seni mural melalui beberapa proses. Stimulus respon, proses ini diwujudkan dalam bentuk persepsi masyarakat RW 5 di kelurahan Wonokromo yang menilai menarik atau tidaknya suatu mural dengan melihat dari letak keberadaanya sebagai tempat mural yang paling menarik. Kemudian proses terakhir yaitu pelaksanaan yaitu Konsumasi terhadap seni jalanan mural oleh masyarakat di RW 5 kelurahan Wonokromo, Surabaya tentang tindakan mengenai seni jalanan mural yang berada dilingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.05/16 Wir r
Uncontrolled Keywords: Seni Jalanan Mural, Respon, Kelurahan Wonokromo
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Bryan WiradhanaNIM071114080
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarsoNIDN0014056804
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:24
Last Modified: 24 May 2020 12:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29914
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item