Andi Agung P (2011) Pengaruh Model Belajar Mind Mapping Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Khadijah Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (661kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (601kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (744kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 31 March 2024. Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 March 2024. Download (874kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 March 2024. Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 March 2024. Download (659kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (692kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 March 2024. Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model belajar Mind Mapping terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP. Prestasi Belajar adalah hasil suatu penilaian dibidang pengetahuan, ketrampilan dan sikap sebagai hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai. Pada penelitian ini nilai yang dimaksud adalah nilai tes pada mata pelajaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP dengan kriteria termasuk siswa regular, dan mempunyai kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretestposttest control group desain, dan menggunakan matching group dalam menyeragamkan subjek. Jumlah subjek penelitian ini adalah 62 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelompok kontrol juga sebanyak 31 siswa. Treatment model belajar mind mapping diberikan sebanyak 3 kali. Untuk mengukur efek treatment digunakan tes prestasi yang berbentuk 17 soal objektif dan 4 soal essai dengan batasan korelasi aitem soal antara 0,264 – 0,9. Analisis data dilakukan degan teknik statistic nonparametris dengan “Mann-Whitney U-Test” yang menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai p sebesar 0,0025 yang berarti nilai p kurang dari 0,025. Hal tersebut menunjukan bahwa model belajar mind mapping berpengaruh meningkatkan prestasi belajar. Jumlah siswa kelompok eksperimen mengalami peningkatan adalah 100%. Selanjutnya kompetensi yang mampu dioptimalkan adalah kompetensi Knowledge dan Comprehension.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Belajar Mind Mapping, Prestasi Belajar, Siswa kelas VIII SMP Daftar Pustaka 25, (1976-2010) | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2021 06:15 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2021 06:15 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105168 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |