PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE COURSE REVIEW HORAY DAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSONAL HYGIENE PADA ANAK USIA SEKOLAH

NOVITA RIYA (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE COURSE REVIEW HORAY DAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSONAL HYGIENE PADA ANAK USIA SEKOLAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (345kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (53kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
9. BAB 6.pdf

Download (25kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN .pdf

Download (756kB)
[img] Text
FKP.N.30-21-Kesediaan - Novita Riya.pdf

Download (214kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Masalah personal hygiene yang sering terjadi pada anak usia sekolah adalah terkait kebersihan tangan dan kebersihan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kesehatan metode course review horay dan media video terhadap peningkatan kemampuan personal hygiene pada anak usia sekolah. Metode: desain quasy-experimental pretestposttest with control group design. Populasi sebanyak 150 siswa di SD Hidayatul Ummah Surabaya dan 123 siswa SD Muhammadiyah 03 Surabaya. Besar sampel dengan proportional stratified cluster random sampling. Total 72 responden di SD Muhammadiyah 03 Surabaya dan SD Hidayatul Ummah Surabaya dengan 36 kelompok perlakuan dan 36 kelompok kontrol. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi (checklist). Analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Mann-Whitney U Test. Hasil: uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan pengetahuan (p=0.000), sikap (p=0.000), praktik cuci tangan (p=0.000) dan praktik gosok gigi (p=0.000). Nilai p<0.05 maka ada pengaruh intervensi metode course review horay dan video terhadap peningkatan kemampuan personal hygiene pada anak usia sekolah. Hasil uji Mann-Whitney U Test menunjukkan pengetahuan (p=0.000), sikap (p=0.000), praktik cuci tangan (p=0.000) dan praktik gosok gigi (p=0.000). Nilai p<0.05 maka ada tingkat perbedaan mean kemampuan personal hygiene antara kelompok perlakuan dan kontrol. Diskusi: pendidikan kesehatan dengan metode course review horay dan media video memberikan pengaruh terhadap kemampuan kebersihan diri. Penelitian ini menyarankan bahwa dapat dilakukan penelitian selanjutnya terkait penambahan durasi intervensi. Kata kunci: anak usia sekolah, personal hygiene, metode course review horay, video. v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.30-21
Uncontrolled Keywords: anak usia sekolah, personal hygiene, metode course review horay, video.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NOVITA RIYANIM131811123051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYUNI SUFYANTI ARIEF, -NIDN0006067802
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 15 Apr 2021 13:16
Last Modified: 15 Apr 2021 13:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item