Penyesuaian Diri Penyandang Low Vision Dalam Melewati Pendidikan Di Perguruan Tinggi

Tommy Hari Firmanda (2013) Penyesuaian Diri Penyandang Low Vision Dalam Melewati Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (283kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan pendidikan inklusi saat ini masih belum selaras dengan system pendidikan nasional yang cenderung menerapkan sistem layanan standar. Tanpalayanan pendidikan khusus, para mahasiswa penyandang Low Vision diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran penyesuaian diri penyandang low vision terkait dengan penyesuaian akademik dan sosial di perguruan tinggi, 2) mendapat penjelasan tentang permasalahan serta strategi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi penyandang low vision selama menempuh pendidikan di perguruan tingg, dan 3) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan akademik penyandang low vision di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap 5 orang mahasiswa penyandang low vision yang sedang menjalani proses pendidikan di perguruan tinggi. Analisis data dilakukan secara tematik dan koding terhadap catatan verbatim hasil wawancara. Pemantapan kredibilitas penelitian dilakukan dengan melakukan triangulasi penyidik dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa mahasiswa low vision di perguruan tinggi cenderung memiliki penyesuaian sosial yang kurang baik disebabkan karena keterbatasan penglihatan yang dimiliki. Pencapaian kesuksesan dalam penyesuaian akademik yang dicapai oleh mahasiswa penyandang low vision salah satunya dipengaruhi oleh faktor motivasi dalam diri individu dan adanya dukungan dari lingkungan. Mahasiswa penyandang low vision mengalami 3 (tiga) permasalahan terkait dengan penyesuaian terhadap lingkungan universitas yaitu: 1) masalah akademik, 2) masalah mobilitas dan aksesibilitas, serta 3) masalah sosial. Strategi penyesuaian yang digunakan mahasiswa penyandang low vision untuk mengatasi masalah yang dihadapai adalah dengan menggunakan strategistrategi belajar sesuai kondisi, ketrampilan sosial dan orientasi mobilitas. Faktor faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan para penyandang low vision dalam melewati jenjang pendidikan di perguruan tinggi dibagi ke dalam 2 (dua) kelompok yaitu faktor internal (kemampuan akademik, konsep diri, motivasi dan strategi penyesuaian belajar) dan faktor eksternal (dukungan keluarga, dukungan teman, dukungan pihak universitas dan persepsi lingkungan).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, penyesuaian sosial, penyesuaian akademik, Low Vision, Inklusi dalam Pendidikan Tinggi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
Tommy Hari FirmandaNIM110941037
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah Suryadi, -NIDN0020056510
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Apr 2021 15:44
Last Modified: 20 Apr 2021 15:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item