Ammar Gilang Pradipta (2020) Motif Dan Kepuasan Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Mengenai Motif Dan Kepuasan Generasi Z Di Surabaya Dalam Mengikuti Akun Instagram @Pinterpolitik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (631kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI .pdf Download (650kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 25 July 2024. Download (650kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 25 July 2024. Download (993kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 25 July 2024. Download (484kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 25 July 2024. Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 July 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
KKB KK-2 Fis.K.44-21-Kesediaan Publikasi Karya Ilmiah_Ammar Gilang P (2) - Ammar Gilang.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada motif dan kepuasan generasi Z di Surabaya, khususnya dalam mengikuti akun Instagram @pinterpolitik. Alasan peneliti mengambil topik ini dikarenakan karakteristik dari generasi Z yang lahir disaat perkembangan internet berjalan cepat. Hal ini lah yang membuat generasi Z atau yang biasa disebut dengan generasi internet memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan internet dan salah satunya adalah menggunakan media sosial sebagai wadah pemenuhan kebutuhan. Oleh sebab itu, penelitian ini akan bertujuan untuk mendeskripsikan motif dan kepuasan generasi Z Surabaya dalam mengikuti akun Instagram @pinterpolitik. Untuk mendeskripsikan motif dan kepuasan generasi Z, penelitian ini akan menggunakan teori Uses and Gratification yang dikembangkan oleh Dennis Mcquail sebagai indikator yang akan digunakan. Dimana terdapat empat indikator yang akan digunakan, yaitu information, personal identity, social interaction and integration, dan entertainment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif, dan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode survei ini akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang termasuk dalam syarat responden penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motif informasi menjadi motif yang paling tinggi dipilih oleh responden dalam mengikuti akun Instagram @pinterpolitik. Hal ini sejalan dengan salah satu manfaat dari media sosial, yaitu adalah mendapatkan informasi secara aktual. Dalam hal kepuasan, kepuasan kebutuhan informasi juga menjadi yang paling tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Fis K 44/21 Pra m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Uses, Gratification, Z Generation, Instagram | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2021 21:37 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2021 21:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/108883 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |