DEWI MARATUS SHOLIKHAH (2015) KEHIDUPAN PENYANYI DANGDUT PEREMPUAN Studi Dramaturgi Kehidupan Penyanyi Dangdut Perempuan di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (227kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 16 June 2023. Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 16 June 2023. Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 16 June 2023. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 June 2023. Download (945kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan penyanyi dangdut perempuan di Desa Brumbun Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun ketika di panggung depan dan panggung belakang. Penelitian ini menggunakan studi dramaturgi dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam menyusun penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari tiga orang penyanyi dangdut perempuan ditambah tujuh orang yang merupakan orang-orang di sekitar penyanyi dangdut perempuan. Data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara mendalam dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyanyi dangdut perempuan dapat memainkan peran yang berbeda dalam kehidupannya antara panggung depan dan panggung belakang. Ketika di panggung depan, mereka menampilkan diri mereka yang sempurna secara fisik dan tutur kata. Mereka melakukan itu dengan sengaja demi memenuhi tuntutan sebagai penyanyi yang menghibur penonton. Sedangkan di panggung belakang, mereka menjadi diri mereka sendiri yang apa adanya. Karakter asli mereka ditunjukkan tanpa ada yang dibuat-buat atau ditutup-tutupi. Dengan tetap menjalankan kewajiban sebagai ibu rumah tangga yang mengurusi segala urusan rumah tangga, suami dan anak. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa perempuan yang berprofesi sebagai penyanyi dangdut dapat menjalankan peran ganda sebagai seorang penyanyi di panggung depan dan ibu rumah tangga di panggung belakang. Kedua peran itu memiliki perbedaan konsep dan fungsi yang berbeda untuk dijalankan. Namun para penyanyi dangdut perempuan tersebut mampu menjalankan keduanya dengan baik. Walaupun kadangkala harus ada salahsatu tugas yang dikorbankan untuk tugas yang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS. ANT. 25/15 Sho k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SINGERS; WOMEN | ||||||
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2020 03:54 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16009 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |