Firdaus Ramzia Novari (2015) Kajian Community Relations Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (210kB) |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN)
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (225kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text (RINGKASAN)
5. RINGKASAN.pdf Download (192kB) |
|
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB I)
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB II)
8. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN RERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
10. BAB IV PROFIL PERUSAHAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
11. BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
12. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
Abstract
PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) merupakan salah satu korporasi yang telah melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) atas kerja pelaksanaan yang telah mendapat penghargaan PROPER HIJAU. Perusahaan yang telah memperoleh penghargaan PROPER dinilai berhasil mengimplementasikan program CSR dan membangun Community Relations dengan masyarakat di sekitar lingkungannya. Dalam rangka menjaga hubungan dengan komunitas di sekitar perusahaan karena mereka mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu hubungan yang harus dibina oleh PR (Public Relations) dalam suatu perusahaan adalah hubungan dengan komunitas (Community Relations). Reputasi perusahaan tergantung pada bagaimana perusahaan itu diterima oleh masyarakat setempat dimana perusahaan itu berada. Community Relations dilaksanakan dan hubungan harmonis perusahaan dengan masyarakat terwujud dengan melakukan perencanaan program CSR yang jelas, terbuka, tegas dan partisipatif. Suatu perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnisnya harus berdasarkan pada konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk yang akan datang. Menurut Milne (dalam Mulyadi dkk 2012) masalah yang terjadi di masyarakat adalah masyarakat umumnya tidak mengerti tentang CSR. Masyarakat tidak mengetahui program CSR yang dilaksanakan. CSR belum tersosialisasi secara merata. Penerima program CSR belum merata (hanya kalangan tertentu). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program CSR PHE WMO dalam membangun Community Relations dengan Local Community di area terdampak. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan program CSR PHE WMO belum berhasil dalam membangun Community Relations karena adanya konflik dengan masyarakat dari area terdampak di Bangkalan. Selain itu, program CSR PHE WMO belum mengikuti keseluruhan kaidah atau peraturan PROPER. Kegiatan Community Relations yang baik dalam pelaksanaan program CSR, sesuai dengan aturan PROPER melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan program. Akibatnya muncul tanggapan negatif di kalangan masyarakat penerima manfaat juga stakeholders lainnya yaitu lembaga sosial masyarakat.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.39/15 Nov k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility; PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore; PROPER HIJAUs | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Aimmatul Mukaromah | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 26 May 2020 03:18 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33852 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |