Perbedaan Tingkat Kecerdasan Emosional Ditinjau Dari Program Kelas Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang

Novida Fitri Cahyani (2019) Perbedaan Tingkat Kecerdasan Emosional Ditinjau Dari Program Kelas Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (295kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (74kB)
[img] Text
3. ABSTRAK .pdf

Download (21kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (128kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (89kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari program kelas dan jenis kelamin pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini, kecerdasan emosional mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Goleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif yaitu membandingkan variabel yang sama dengan dua sampel yang berbeda dengan menggunakan dua teknik sampling, yaitu sampling jenuh dan sampling bertujuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa program kelas Sistem Kredit Semester (SKS) dan siswa program kelas reguler sebanyak 69 siswa dengan menggunakan alat ukur skala kecerdasan emosional yang disusun sendiri oleh peneliti (29 aitem) untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional dengan nilai reliabilitas sebesar 0,883. Penelitian ini menggunakan teknik statistik two-way ANOVA dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 22.0 for Windows. Hasil dari uji perbedaan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kecerdasan emosional apabila ditinjau dari program kelas dan jenis kelamin dengan nilai signifikansi sebesar 0,068 (> 0,050). Dengan rincian, tidak terdapat perbedaan tingkat kecerdasan emosional apabila ditinjau dari program kelas dengan nilai signifikansi sebesar 0,064 (> 0,050), dan terdapat perbedaan tingkat kecerdasan emosional apabila ditinjau dari jenis kelamin dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 (< 0,050). Rata-rata kecerdasan emosional pada siswi perempuan adalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki (85,58 > 79,59). Artinya, siswi perempuan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 10/20 Cah p
Uncontrolled Keywords: emotional intelligence, class programs, gender, Madrasah Aliyah
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Artificial intelligence
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Novida Fitri CahyaniNIM111611133126
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery YoenantoNIDN0022066702
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 10:57
Last Modified: 03 Feb 2020 10:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item