Hubungan Tingkat Spiritualitas Dan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Spiritual Self Care Pada Pasien Ulkus Diabetikum

Malinda Kurnia Putri (2019) Hubungan Tingkat Spiritualitas Dan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Spiritual Self Care Pada Pasien Ulkus Diabetikum. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1 HALAMAN JUDUL .pdf

Download (576kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4 BAB 1 PENDAHULUAN .pdf

Download (321kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5 BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (BAB 3 KERANGKA KONSEP)
6 BAB 3 KERANGKA KONSEP.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 4 METODE PENELITIAN)
7 BAB 4 METODE PENELITIAN .pdf

Download (591kB)
[img] Text (BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN)
8 BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN)
9 BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN .pdf

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : Pasien dengan ulkus diabetikum memiliki kecenderungan mengalami permasalahan dalam pelaksanaan praktik spiritualitas. Salah satu upaya pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien adalah membantu melaksanakan praktik spiritual dalam bentuk perilaku spiritual self care. Pasien dengan ulkus dibabetikum memiliki kecenderungan mengalami kelemahan dan gangguan mobilisasi yang berdampak pada ketergantungan terhadap keluarga dan penurunan self efficacy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat spiritualitas dan dukungan keluarga dengan perilaku spiritual self care pada pasien ulkus diabetikum. Metode : penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel berjumlah 92 responden yang diambil di RSUD Kabupaten Sidoarjo dan RSI Siti Hajar Sidoarjo. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner DSES, dukungan keluarga, SSCPS, dan observasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perilaku spirirtual self care dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat spiritualitas dan dukungan keluarga. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji rank spearmen dengan tingkat signifikasi < 0,05. Hasil : Penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan tingkat spiritualitas (p = 0,000) dan dukungan keluarga (p = 0,000) dengan perilaku spiritual self care pada pasien ulkus diabetikum. Diskusi : Tingkat spiritualitas merupakan faktor yang sangat kuat mempengaruhi pasien dalam pelaksanaan praktik spiritual self care. Dukungan keluarga yang optimal juga berpengaruh secara psikologis, sosial, dan materil dalam perilaku spiritual self care. Tingkat spiritualitas dan dukungan keluarga dapat mendukung koping individu menjadi lebih positif sehingga dapat membantu mempercepat proses penerimaan dan kesembuhan luka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan tingkat spiritualitas dan dukungan keluarga dengan perilaku spiritual self care pada pasien ulkus diabetikum..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 20 20 Put h
Uncontrolled Keywords: tingkat spiritualitas, dukungan keluarga, spiritual self care, ulkus diabetikum
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Malinda Kurnia PutriNIM131511133017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDKusnantoNIDN0029086803
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:32
Last Modified: 11 Aug 2020 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96819
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item