Vierma Anandya Pratama (2016) Efektifitas Penerapan Metode Transactional Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa di Sekolah Dasar. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (794kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (601kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (590kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (665kB) |
|
Text
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (652kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode Transactional Learning pada siswa di sekolah dasar. Metode Transactional Learning merupakan metode yang berasal dari pendekatan instruksi. Metode ini menekankan kemampuan guru untuk memfasilitasi diskusi siswa di mana siswa bekerja sama untuk membentuk interpretasi bersama dari teks dan memperoleh pemahaman yang lebih dalam(Block,2009). Kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok, mengingat detil,dan merangkum atau menceritakan kembali( Block, 2004, 2006; Harris & Hodges, 1995; NRP, 2000). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 26 siswa sekolah dasar kelas IV yang dipilih secara random. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes(Hiebert,2005;Pearson dan Fielding,1991). Uji validitas pada metode Transactional Learning berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert). Uji reliabilias menggunakan teknik split-half. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test dengan olah data menggunakan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Transactional Learning efektif meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa di sekolah dasar kelas IV. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dinyatakan dengan hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi adalah 0.05 < 0.033 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transactional Learning, Reading Comprehension, Elementary School Student | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 01 May 2021 19:10 | ||||||
Last Modified: | 06 May 2021 00:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106507 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |