Perempuan Dalam Iklan Celana Jeans (Analisis Tekstual Semiotik Dalam Iklan Tirajeans Dan Logo Jeans)

Rakhmawati Farras Aliefiyani (2015) Perempuan Dalam Iklan Celana Jeans (Analisis Tekstual Semiotik Dalam Iklan Tirajeans Dan Logo Jeans). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (417kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III ANALISIS DAN HASIL TEMUAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (329kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada gambaran perempuan dan body image-nya dalam iklan celana jeans yang ditampilkan di dalam iklan televisi Tirajeans versi “Restroom” dan LOGO jeans versi Agnes Monica. Perempuan menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini karena perempuan seringkali digambarkan secara bias yang hanya berperan mengandalkan bagian tubuhnya. Sehingga, stereotipe-streotipe dalam iklan sering membentuk konstruksi mengenai citra tubuh (body image) perempuan dalam iklan. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti mengenai penggambaran perempuan dan mengenai citra tubuh (body image) yang digambarkan dalam iklan celana jeans. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif yang menggunakan metode analisis tekstual dari Semiotik Roland Barthes. Metode ini mengungkap pemaknaan dalam tataran denotasi dan konotasi, sehingga memunculkan mitos mengenai perempuan serta body image-nya. Berdasarkan analisis, peneliti memperoleh temuan bahwa perempuan yang muncul dalam kedua iklan celana jeans tersebut lekat dengan unsur sensualitas tubuhnya. Perempuan cenderung disorot berdasarkan daya tarik tubuhnya. Citra tubuh ideal perempuan pun masih seputar perempuan dengan bentuk dan lekuk tubuh yang terekspos dengan pakaian terbuka atau ketat sehingga menciptakan kesan seksi bagi model-model perempuan di dalam iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 78/15 Ali p
Uncontrolled Keywords: perempuan, body image, iklan, sensualitas, semiotik.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rakhmawati Farras AliefiyaniNIM071115063
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun WadipalapaNIDN0001088802
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Nov 2015 12:00
Last Modified: 29 Feb 2020 08:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item